Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Masuk Nominasi Lomba Kinerja Kelompok dan Kelembagaan Tingkat Nasional
Dilihat
558
Penulis:
2013-10-24 01:14:49




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo- Kabupaten Sidoarjo menjadi salah satu Nominasi penerima penghargaan Lomba Kinerja Kelompok dan Kelembagaan Perikanan Budidaya Komiditi Udang Tingkat Nasional tahun 2013. Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Sumber Urip Desa Kedung Peluk Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo menjadi wakil Kabupaten Sidoarjo dan Propinsi Jawa Timur dalam lomba yang diselenggarakan oleh Dirjen Perikanan Budidaya-Kementerian Perikanan dan KelautanR.I.


Kemarin, Rabu (23/10) tim penilai Lomba Kinerja Kelompok dan Kelembagaan datang ke Kabupaten Sidoarjo untuk melakukan penilaiannya. Kedatangan tim penilai yang di pimpin oleh Ir. Rahma Farida disambut oleh Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto SH,MM dan para pengurus Pokdakan Sumber Urip di Kusuma Tirta Minapolitan Desa Kedung Peluk-Candi.


Dalam melakukan penilaian lapangan dan administrasi, Ir. Rahma Farida tidak sendiri. Ada 3 orang yang mendampinginya. Yakni Ir. Nasrul Efendi H. M,Si, Ir. Ali Sujoko dan Heri Subhan A.Pi. Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto berharap, kedatangan tim penilai bisa memberikan motivasi dan semangat kepada Pokdakan dan kelembagaan perikanan di Kabupaten Sidoarjo.


Ia mengatakan Kabupaten Sidoarjo memilik potensi yang besar untuk pengembangan budidaya perikanan, khususnya udang dan bandeng. Luas lahan perikanan budidaya tambak di Kabupaten Sidoarjo ujar wakil bupati Sidoarjo mencapai 15.530 Ha. Ada 44 kelompok pembudidaya ikan tambak yang ada di Kabupaten Sidoarjo.


Kabupaten Sidoarjo telah mempunyai Minapolitan budidaya perikanan yang dipusatkan di Kecamatan Candi dengan luasan kira-kira 1.031 Ha dengan komoditas udang dan bandengnya, sampainya.


Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto menyampaikan bahwa di tahun 2011 lalu, Kabupaten Sidoarjo pernah menjadi juara pertama lomba serupa di tingkat nasional. Pokdakan Ecoshrimp Kelurahan Sekardangan Kecamatan Sidoarjo menjadi juara pertamanya dalam Lomba Kinerja Kelompok dan Kelembagaan Perikanan Budidaya Komiditi Udang di tahun itu.


Tahun 2011 juara satu, tahun 2012 kosong dan kita berdoa kepada Allah SWT mudah-mudahan tahun 2013 juara satu lagi, doa Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto yang diamini undangan yang hadir.


Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto dalam ksempatan tersebut juga menyampaikan bahwa tahun 2012 yang lalu, Pokdakan   Sumber Urip adalah juara pertama lomba serupa se Kabupaten Sidoarjo. Dan pada tahun 2013 ini, Pokdakan Sumber Urip yang dibentuk di tahun 2010 lalu menjadi juara satu tingkat Jawa Timur dalam lomba serupa.


Dan Insya’alloh sekali lagi, naik lagi juara satu tingkat nasional, doa Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto lagi.


Diakhir sambuatannya Wakil Bupati Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto berharap Kabupaten Sidoarjo menjadi yang terbaik dari lima nominasi yang masuk. Dengan mendapatkan nilai yang terbaik harapnya, akan menjadikan motivasi kepada Pokdakan Sidoarjo untuk bekerja lebih baik lagi.


Sementara itu ketua tim penilai Ir. Rahma Farida dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa lomba yang tahun lalu sempat di tiadakan merupakan bagian pembinaan kepada Pokdakan maupun kelembagaan tentang program-program Kementerian Perikanan dan Kelautan. Selain itu sampainya, lomba tersebut untuk memberikan motivasi kepada kelompok yang telah ikut serta mensukseskan pengembangan perikanan khususnya perikanan budidaya.


Ia mengatakan bahwa penilaian kinerja yang dilakukannya adalah bentuk evaluasi terhadap kelompok-kelompok budidaya ikan dalam keikut sertaannya dalam meningkatkan terhadap produksi perikanan. Dan yang paling penting lagi sampai Ir. Rahma Farida, penilaian kinerja tersebut adalah sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan kepada kelompok yang telah ikut meningkatkan pencapaian target produksi perikanan khususnya udang yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perikanan dan Kelautan R.I.


Selamat kepada kelompok Sumber Urip yang merupakan satu dari limabelas peserta yang telah ikut mendaftar menjadi peserta penilaian kinerja seluruh Indonesia di tujuhbelas propinsi, sampainya.


Kedepan Ir. Rahma Farida berharap Pokdakan Sumber Urip yang diketuai oleh M. Alimun tidak cukup berhenti sampai disini.  Ia berharap kelompok tersebut dapat menjadi teladan kelompok-kelompok disekitarnya maupun di Propinsi Jawa Timur bahkan di propinsi-propinsi yang lain. Dan harapan kedepan sampainya melalui penilaian kinerja tersebut akan mampu mewujudkan kelompok yang mandiri, tangguh dan inovatif.


Dalam kesempatan ia menyampaikan bahwa ada tiga aspek dalam penilaiannya. Ti