Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Buka Bimtek Penguatan Pemerintah Desa
Dilihat
246
Penulis: Super Admin
2013-10-22 02:06:46




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- 40 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Sidoarjo yang baru saja dilantik mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Pemerintah Desa dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, kemarin, Senin (21/10). Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan serta keterampilan sebagai penyelenggara pemerintahan desa tersebut di selenggarakan di Hotel Royal Tretes View Pasuruan.


Kegiatan yang diselenggarakan mulai tanggal 21 sampai 29 Oktober 2013 mendatang di buka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum.  Sekda Sidoarjo Vino Rudy Muntiawan SH, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Drs. Muhammad Syafiq, MM serta Asisten Administrasi Umum Kissowo Sidi HP, SH,MH hadir dalam kegiatan tersebut.


Selama 7 hari efektif, para Kades tersebut akan memperoleh berbagai materi dari berbagai nara sumber. Seperti materi Penyelenggaraan Pemerintah Desa yang diberikan oleh bagian Administrasi Pemerintahan Setda Sidoarjo, materi Pengenalan dan Pengukuran Potensi Diri dari Media Iswara Badan Diklat Propinsi Jawa Timur, materi Perencanaan Pembangunan Nasional, Daerah dan Desa oleh Badan Perencanaaan Pembanguan Daerah (Bappeda) Sidoarjo serta berbagai materi lain dari SKPD Sidoarjo akan diberikan.  


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah dalam sambutannya menyambut baik terselenggarakannya Bimtek kali ini. Kegiatan tersebut sampainya merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah yang handal.


Upaya-upaya peningkatan kompetensi aparatur yang demikian, merupakan bagian dari pengembangan kapasitas, yang menjadi salah satu kunci menuju terwujudnya tata pemerintahan yang baik, sampainya.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa tantangan permasalahan penyelenggaraan pemerintahan kedepan  tidaklah semakin mudah. Secara eksternal dihadapkan pada kondisi pola pikir masyarakat yang semakin kritis, dan secara global berhadapan dengan tuntutan-tuntutan nilai yang semakin menguat. Mulai dari profesionalisme, transparansi maupun demokratisasi yang secara garis besar terangkum dalam konsep clean goverment and good governance.


Secara internal, tantangan terbesar bagi kita adalah diri kita sendiri, tentang bagaimana kita merespon kondisi dan tuntutan nilai-nilai yang semakin menguat, sampainya.


Mantan wakil bupati Sidoarjo dua periode tersebut mengakui bahwa ada hal-hal tertentu yang dihadapkan pada keterbatasan kapasitas. Namun ia yakin bahwa sumber daya yang dimiliki masih sangat mungkin untuk dikembangkan. Untuk itu ke depan, ia menaruh harapan besar akan perubahan signifikan pada tatanan penyelenggaraan pemerintahan desa. Terutama bagi desa-desa yang dipimpin oleh para Kepala Desa yang mengikuti kegiatan Bimtek Penguatan Pemerintah Desa kali ini.


Saya berharap, forum ini dapat dioptimalkan sebagai wahana pembelajaran dan penggalian informasi yang diharapkan dapat memberikan kemanfaatan bagi kelancaran pelaksanaan tugas dan pengabdian kita ke depan, pintanya.


Sementara itu Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Sidoarjo Drs. Ec. Asrofi, MM mengatakan bahwa Bimtek yang diselenggarakannya tersebut merupakan bekal kepala desa dalam memimpin desanya masing-masing. Yakni bekal pengetahuan dan wawasan serta keterampilan untuk menjalankan pemerintahan desa.


Ia berharap melalui Bimtek tersebut,  kepala desa sebagai penyelenggara pemerintahan desa akan mampu melaksanakan tugas, fungsi serta wewenangnya dengan baik sesuai dengan Undang-Undang yang ada. Selain itu, melalui Bimtek tersebut percepatan kapabilitas penyelenggara pemerintah desa secara komprehensif, terencana dan terstruktur dapat terwujud.


Drs. Ec. Asrofi menyampaikan selama seminggu, para Kades tersebut akan di gembleng dengan dijejali berbagai materi. Banyak materi dan nara sumber yang disediakan. Materi Lembaga Kemasyarakatan Desa yang disampaikan oleh  BPMPKB Kabupaten Sidoarjo, materi Intensifikasi PBB, BPHTP dan Pengelolaan Keuangan Daerah oleh DPPKA Kabupaten Sidoarjo, materi Penyusunan Produk Hukum Desa dan Penyelesaian Masalah Hukum di Desa oleh Bagian Hukum Setda Sidoarjo merupakan salah satunya.


Ada lagi materi tentang Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil yang di berikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo, materi Deteksi Dini Aliran dan Netralitas Jalan Pemilu yang disampaikan Badan Kesatauan Bangsa dan Politik Kabupaten Sidoarjo serta materi   Pensertifikatan Aset  Desa dari BPN Sidoarjo juga menjadi bekal pengetahuan dan wawasan para Kades yang baru saja dilantik.


Selain itu materi Pengelolaan Sampah dan Kebersihan di Desa juga diberikan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Sidoarjo, materi Ketentraman dan Ketertiban Masya