Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Ketua Kwarcab Sidoarjo Lantik Pramuka Saka Bhayangkara Polres Sidoarjo
Dilihat
624
Penulis:
2013-10-21 01:43:58




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Di Pramuka inilah watak bangsa, masa depan bangsa dipertaruhkan. Pramuka mendapat tugas untuk melakukan pembinaan dan pendidikan karakter bangsa melalui gerakan Pramuka. Sehingga diharapkan nantinya melalui gerakan Pramuka, bangsa Indonesia akan betul-betul menjadi bangsa yang bermartabat, . Hal tersebut disampaikan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo H.MG Hadi Sutjipto SH,MM dalam sambutannya saat melantik pengurus Satuan Karya (Saka) Pramuka Bhayangkara Polres Sidoarjo, kemarin, Minggu (20/10) di halaman Polres Sidoarjo.


H.MG Hadi Sutjipto yang juga wakil bupati Sidoarjo mengatakan bahwa tugas yang diemban Pramuka adalah harapan dari di revitalisasinya gerakan Pramuka oleh pemerintah. Dengan melihat kondisi generasi muda saat ini sampai ketua Kwarcab Sidoarjo tersebut adalah salah satu alasan di canangkannya revitalisasi gerakan Pramuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.


Untuk itu dalam kesempatan tersebut H.MG Hadi Sutjipto bersyukur gerakan pramuka masih ada di satuan kepolisian. Seperti yang berada di Polres Sidoarjo saat ini dengan Pramuka Saka Bhayangkara yang dipimpin oleh AKBP Marjuki,S.I.K,M.Si. Melalui Pramuka Saka Bhayangkara, H.MG Hadi Sutjipto berharap karakter bangsa dapat tercipta lewat gerakan Pramuka.


Dalam kesempatan tersebut ia berharap Saka Bhyangkara di Sidoarjo nantinya dapat berkembang lebih baik. Bahkan sampai ke Polsek-polsek yang di Kabupaten Sidoarjo. Bahkan ia berharap nantinya akan berdiri Gugus Depan (Gudep) yang bisa menampung anak-anak mulai siaga, penggalang, penegak untuk berlatih di Polres Sidoarjo.


Saya berharap Saka Bhyangkara yang berkembang di Kwarcab Sidoarjo ini tidak hanya di Polres, tapi sampai Polsek-polsek. Sehingga bisa menampung para generasi muda kita untuk menjadi kader bangsa yang baik, sampainya.


Untuk itu ia berpesan untuk tidak hanya putra-putri Polri yang bergabung, anak-anak dari semua elemen masyarakat juga bergabung dan berlatih bersama di tempat tersebut. Seperti sewaktu ia pernah bergabung dan berlatih bersama di Polres Sidoarjo. Hal tersebut di harapkannya dapat memupuk rasa persatuan dan kesatuan anak bangsa.


Mudah-mudahan dengan bimbingan pak Kapolres dengan seluruh jajaran, kegiatan Saka Bhayangkara di Kabupaten Sidoarjo akan berkembang dengan baik. Selamat dan sukses membawa, membimbing anak bangsa kedepan untuk menjadi bangsa yang bermartabat, sampainya.


Sementara itu Ketua Saka Pramuka Bhayangkara Polres Sidoarjo AKBP Marjuki,S.I.K,M.Si. mengatakan bahwa di kukuhkannya kepengurusan Saka Pramuka Bhayangkara periode 2013-2016 tersebut salah satunya adalah sebagai bentuk keikutsertaan Polri dalam membangun bangsa melalui gerakan pramuka yang ada di dalamnya. Agar hal tersebut dapat tercapai, langka pertama yang ia tempuh adalah dengan melantik pengurus-pengurus di tingkat kecamatan.


Ia berharap nantinya pemuda-pemuda di Sidoarjo dapat berbondong-bondong menjadi Pramuka Saka Bhayangkara. Sehingga nantinya, harapan terbentuknya karakter bangsa ujar AKBP Marjuki dapat di capai melalui gerakan pramuka yang ada di kepolisian.


Tujuannya kita ingin andil dalam membangun karakter bangsa ini. Kita ingin turut serta memberikan nilai-nilai pendidikan kepada generasi muda untuk membentengi mereka terjerumus dari kegiatan-kegiatan yang tidak ada gunanya, sampainya.


Dalam kesempatan tersebut AKBP Marjuki,S.I.K,M.Si mengatakan bahwa nantinya anggota Pramuka yang tergabung dalam Saka Bhayangkara tersebut akan dibekali dengan ilmu kepolisian. Sehingga tugas-tugas kepolisian dapat diketahui oleh anggota Pramuka Saka Bhayangkara. Seperti tugas pengaturan lalu lintas serta pengetahuan dalam bertindak di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan metode penyuluhan kepada masyarakat yang dilakukan oleh  Krida TIBMAS akan disampaikan.


Semua fungsi Krida akan dilatihkan disini, seperti Krida PTKP, PBB, LANTAS maupun Krida TIBMAS sehingga mereka mempunyai bekal, bekal pengalaman dalam hal kepolisian serta bekal pengalaman dalam hal kedisiplinan, sampainya. (humas/git)