Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Buka Kontes Ternak Dan Festival Ternak Qurban
Dilihat
468
Penulis:
2013-10-11 09:52:48




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Momentum menghadapi Hari Raya Idul Adha / Idul Qurban 1434 Hijriyah dimanfaatkan Kabupaten Sidoarjo untuk menggelar Kontes Ternak dan Festival Ternak Qurban. Kegiatan yang diselenggarakan di Puspa Agro Jemundo-Taman kemarin, Rabu (9/10) di buka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum.

Kapolres Sidoarjo,  Dandim 0816 Sidoarjo serta ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten  Sidoarjo  dan ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sidoarjo hadir dalam kegitan yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sidoarjo tersebut.

Bupati Sidoarjo dalam sambutannya menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan Kontes Ternak dan Festival Ternak Qurban Tingkat Kabupaten Sidoarjo tahun 2013 tersebut. Pasalnya kegiatan tersebut dapat memotivasi masyarakat dibidang budidaya peternakan dan kesehatan hewan. Hal tersebut mengingat selama ini sub sektor petenakan di Kabupaten Sidoarjo memegang peranan yang sangat strategis dalam pembangunan daerah maupun nasional, sampai H. Saiful Ilah.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah melanjutkan bahwa kondisi tersebut memberi indikasi bahwa komoditas peternakan adalah komoditas yang sangat prospektif untuk dikembangkan dimasa datang. Selain itu ujarnya dapat menjadi potensi sebagai sumber pertumbuhan baru dalam pembangunan pertanian ke depan. Bahkan sampainya dapat menjadi Sektor tersendiri sejajar dengan sektor – sektor yang lain.

Dalam kesempatan tersebut bupati Sidoarjo menyampaikan bahwa pembangunan peternakan sebagai industri biologis mencangkup 4 komponen. Pertama yakni peternak sebagai Subyek yang harus ditingkatkan keterampilan dan kesejahtraannya. Hal tersebut sudah dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan dalam Pelatihan pembuatan pakan ternak yang bergizi.

Kedua adalah ternak sebagai Obyek yang harus dibudidayakan dan ditingkatkan produktivitasnya. Hal tersebut juga sudah dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan  melalui pelayanan Inseminasi Buatan.

Ketiga adalah lahan dan lingkungan sebagai basis ekologi budidaya yang harus dilestarikan dan dimanfaatkan secara berkelanjutan. Hal itu juga sampai buati Sidoarjo sudah dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan dengan memberikan bantuan hijauan pakan ternak berupa rumput gajah/rumput taiwan.

Dan Tribulan IV ini juga akan dibudidayakan rumput Setia di Kabupaten Sidoarjo, sampainya.

Teknologi sebagai alat ujar H. Saiful Ilah adalah komponen terakhir yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Hal tersebut sampainya juga sudah dilakukan oleh dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan dengan memberikan bantuan beberapa cooper (Alat pemotong rumput).

Dalam Kontes Ternak dan Festival Ternak Qurban yang telah memasuki final tersebut, ada beberapa kreteria hewan yang dilombakan. Diantaranya  sapi betina induk Peranakan Ongol (PO), sapi betina induk sapi perah FH, sapi betina induk hasil Inseminasi Buatan (IB), sapi kereman persilangan hasil IB, kambing PE (Peranakan Etawwa) jantan, kambing PE betina serta sapi qurban dan kambing qurban.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sidoarjo Ir. Handajani MM mengatakan diselenggarakan kegiatan tersebut bertujuan untuk mencari bibit ternak unggul dan bermutu. Selain itu kegiatan yang rutin diselenggarakannya bertujuan untuk mendukung tercapainya Program Pencapaian Swasembada Daging Sapi (PSDS) tahun 2014.

Ada beberapa kreteria penilaian hewan ternak yang layak jadi pemenang dalam Kontes Ternak dan Festival Ternak Qurban tersebut. Antara lain kondisi kesehatannya, tidak cacat, beratnya ideal serta panjang badan dan ukuran badannya normal. Dan tidak ketinggalan dari penampilannya.

Bila semua itu terpenuhi, tiga dewan juri dari Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga Surabaya serta praktisi dokter hewan di Kabupaten Sidoarjo akan memutuskan pemenang di masing-masing kreteria. Untuk kreteria sapi betina induk Peranakan Ongol (PO), juara pertama diraih oleh kelompok sejati, kelompok peternak asal Desa Arang-arang-Tropodo Kecamatan Krian. Untuk Kreteria sapi betina induk sapi perah FH, juara pertama di raih Supariyono peternak asal Desa Klagen Kecamatan Krian. 

Sedangkan kreteria untuk sapi betina induk hasil Inseminasi Buatan (IB), Mustofa peternak Desa Banjarpertapan Kecamatan Taman menjadi juara pertamanya. Untuk kreteria sapi kereman persilangan hasil IB, juara pertama diberikan kepada Anwar Rokib peternak Desa Ganting Kecamatan Buduran.

Untuk kreteria kambing PE jantan, juara pertama di raih oleh Eko Budiono peternak asal Desa Semampir Sedati. Sedangkan untuk kreteria kambing PE betina, Idrus peternak Desa Grabakan Kecamatan Tulangan menjadi juara pertamanya. Untuk festival hewan qurban, sapi qurban milik Antok Desa Ponokawan-Krian menjadi pemenang pertamanya. Sedangkan kambing qurban mil