Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TMMD Kabupaten Sidoarjo di Desa Kalimati - Tarik
Dilihat
189
Penulis: Super Admin
2013-10-09 04:07:30




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo -TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-91 di wilayah Kodim 0816 Sidoarjo tahun 2013 dilaksanakan pembukaannya oleh pejabat TNI, di lapangan Desa Kalimati , Kecamatan Tarik, hari ini (9/10).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara pembukaan TMMD kali ini adalah wakil dari  Komandan Kobangdikal Brigjen TNI Mar Sturman Panjahitan, dan sebagai Komandan Upacara Lettu Arh. Catur Heri Widodo.

Dalam upacara pembukaan TMMD tersebut juga dilakukan penandatangan risalah serah terima proyek dari Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah, SH, M.HUM kepada Dandim 0816 Sidoarjo selaku Komandan Satgas TMMD Letkol Arh. Bambang Utomo, S.IP dan wakil dari  Komandan Kobangdikal Brigjen TNI Mar Sturman Panjahitan.

Dan juga diserahkan bantuan dari Baitul Maal Hidayatullah dan Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan serta Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo berupa 1 ekor sapi kurban, 50 ekor kambing kurban, 100 Al Qur`an, 3000 bibit  tanaman (mahoni, glodokan, nyamplong, jabon, jati), obat – obatan pertanian (52 obat tikus, 3600 biji mercon tikus), serta 100 buah buku perpustakaan.

Menurut Dandim 0816, Letkol Arh. Bambang Utomo, S.IP,  TMMD tahun 2013 ini hanya terdapat di satu wilayah di Kabupaten Sidoarjo, yakni di Desa Kalimati Kecamatan Tarik. Program TMMD oleh  telah ditetapkan sebagai agenda rutinitas dalam tahunan oleh Mabes TNI.

            TMMD Ini dalam rangka membantu pembangunan untuk mengatasi kekurangan masyarakat. Kita sasaran di infrastruktur, karena  Desa Kalimati saat ini masih sangat membutuhkannya, jelas Bambang.

Untuk Desa Kalimati ini, pembangunan infrastruktur yang dibantu adalah penahan jalan sepanjang 329 meter, pembangunan penerangan jalan di 20 titik, pembanginan pavingisasi sepanjang 480 meter serta pemeliharaan plengsengan sengai di Dusun Kedung nguling 1 paket (380 meter).

Sementara itu, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.HUM menyambut baik program TMMD di Desa Kalimati, Kecamatan Tarik ini. Paling tidak kesulitan masyarakat di Desa Kalimati ini, terutama dalam hal infrastruktur bisa terbantu dengan program TMMD ini.

Kita semua berharap dukungan dan partisipassi dari semua unsur untuk kelancaran kegiatan TMMD yang akan dilaksanakan di Desa Kalimati ini. TNI tidak punya kepentingan apa-apa, karena TNI itu dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.

Kedepannya, Pemerintah Daerah terus berupaya untuk memberikan bantuan terutama di masyarakat Sidoarjo, terutama di desa – desa yang masih memerlukan bantuan, seperti bantuan pembangunan untuk rumah yang tidak layak huni.

Hal ini mendapat persetujuan dari Kepala Cabang Bank Jatim Sidoarjo Tri Udji Arti yang turut hadir dalam upacara pembukaan program TMMD di Desa Kalimati. Dan selama ini Bank jatim memang sangat intens menyalurkan CSR-nya untuk pembangunan rumah tidak layak huni.

Di akhir upacara dilakukan penanaman pohon secara simbolis oleh wakil Komandan Kobangdikal, dan para pimpinan FORPIMDA Kabupaten Sidoarjo. Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan pelaksanaan pelayanan KB gratis. (humas/en)