Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Wakil Bupati Sidoarjo Dongengkan 800 Anak SD/MI
Dilihat
512
Penulis:
2013-09-26 03:10:51




Wakil Bupati Sidoarjo Dongengkan 800 Anak SD/MI


HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Pada zaman dahulu kala, di Jawa Timur, berdirilah sebuah kerajaan bernama Daha. Kerajaan itu dipimpin oleh seorang raja yang arif dan bijaksana bernama Kertamarta. Sang raja mempunyai dua orang putri bernama Galuh Ajeng dan Candra Kirana. Kedua putri yang cantik itu selalu hidup rukun. Mereka selalu berbagi suka dan duka .


Itulah sepenggal cerita kisah dongeng Keong Mas yang diperdongengkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM pada kegiatan Gelar Baca Anak Sidoarjo, Kamis (26/9). Cerita rakyat nusantara tersebut di ceritakannya kepada 800 anak SD serta MI di Pendopo Delta Wibawa.


Gelar Baca Anak Sidoarjo 2013 yang diselengarakan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo adalah puncak kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca  yang diperingati tahun ini. Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto mengatakan bahwa Hari kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca  sebenarnya telah lama dicanangkan oleh Presiden Soeharto. Yakni sekitar 28 tahun yang lalu. Tepatnya pada tanggal 14 september 1985. 


Dan sejak saat itu sampainya, setiap bulan September, perpustakaan desa, perpustakaan kabupaten/kota, perpustakaan Provinsi  dan Perpustakaan nasional melakukan berbagai kegiatan publikasi gerakan  pembudayaan dan pengembangan minat  baca .  H. MG Hadi Sutjipto mengatakan bahwa momentum Gelar Baca  dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan kembali kebiasaan baca yang selama ini menurun. 


Pak Cip sapaan akrab wakil bupati Sidaorjo tersebut menyampaikan bahwa anjuran membaca tidak hanya  ditujukan kepada para siswa yang sedang duduk di sekolah–sekolah maupun mahasiswa di perguruan tinggi  saja. Namun  ajakan baca juga ditujukan kepada  masyarakat luas termasuk didalamnya para guru, PNS dan pegawai swasta.


Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan agar kegiatan gelar baca jangan hanya dijadikan sebagai  slogan saja. Namun harus berisikan tanggung jawab bagi setiap lembaga perpustakaan untuk merumuskan kembali  konsep, tujuan, peranan maupun fungsi  pengelolaan perpustakaan yang sesuai dengan harapan masyarakat.


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto meminta perpustakaan  harus bisa menciptakan layanan informasi tanpa batas yang tidak hanya dinikmati oleh anggota perpustakaan di daerah. Akan tetapi dapat pula dinikmati oleh masyarakat dunia. Oleh sebab itu rintisan untuk membuat portal  layanan informasi  yang mudah dan murah serta dapat diakses oleh masyarakat luas harus menjadi prioritas untuk  dikembangkan di perpustakaan umum Sidoarjo di tahun mendatang.


Ia mengatakan bahwa di era informasi kali ini,  salah satu kemudahan layanan perpustakaan ada pada penyediaan layanan informasi secara digital atau e-library (perpustakaan elektronik). Yaitu layanan perpustakaan yang menggunakan internet sebagai sarana menyebarkan informasi.


Untuk itu dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sidoarjo menghimbau agar kantor Perpustakaan dan Arsip untuk terus melakukan terobosan dan menciptakan inovasi baru dalam produk dan jasa layanan kepada masyarakat. Sehingga  lembaga tersebut memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat khususnya anak-anak usia sekolah.


Masyarakat yang hidup di desa dan di kota hendaknya diberikan akses  yang sama agar tidak terjadi ketimpangan informasi, pesannya.  


Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo Drs. Sutjipto MM mengatakan bahwa bertujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk menanamkan kebiasaan membaca sejak dini kepada anak. Serta untuk mendorong berkembangnya kreatifitas dan imajinasi anak.  Selain itu kegiatan tersebut sebagai upaya mensosialisasikan pentingnya membaca dalam mengubah prilaku dan kebiasaan anak.


Drs. Sutjipto juga menyampaikan bahwa sebelum puncak kegiatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar yang diselenggarakan hari ini. Kantor Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo telah mengadakan berbagai lomba. Diantaranya kontes baca anak usia dini, lomba pembuatan kliping elektronik serta lomba pembuatan desain batik khas Sidoarjo.


Dalam kesempatan tersebut, Drs. Sutjipto menyampaiakan bahwa dalam meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, kantor Perpustakaan dan Arsip Sidoarjo telah melakukan berbagai program kegiatan. Seperti kegiatan pelatihan pembuatan desain batik khas Sidoarjo,  pelatihan pembuatan web bagi pengusaha UKM, pelatihan pembuatan blog dan wordpress bagi pelajar mahasiswa dan guru. Selain itu kursus komputer dan kursus bahasa Inggris bagi anggota perpustakaan umum Sidoarjo adalah salah satu p