Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo Lakukan Bintek Untuk Antisipasi Tawuran Pelajar
Dilihat
1416
Penulis:
2013-09-26 12:56:40




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo selalu berupaya untuk mewujudkan Sidoarjo yang kondusif,  melalui Badan Kesatuan Bangsa dan politik Kabupaten Sidoarjo melaksanakan Bimbingan teknis peningkatan keamanan dan kenyamanan lingkungan terkait antisipasi tawuran antar pelajar bagi Wakasek, Wali Kelas dan Guru BP SMA / SMK se- Kabupaten Sidoarjo.


            Bintek peningkatan keamanan dan kenyamanan yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25-27 September 2013 ini, dibuka oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM pada Rabu malam (25/9) di Inna Tretes -Pasuruan.


Wakil Bupati Sidoarjo H. MG. Hadi Sutjipto, SH, MM dalam sambutannya menjelaskan bahwa tawuran pelajar saat ini masih menjadi momok bagi masyarakat. Perilaku tawuran pelajar bukan hanya mengakibatkan kerugian harta benda atau korban cedera tapi sudah merenggut nyawa melayang sia-sia.


Maraknya tawuran pelajar sendiri dipicu oleh banyak faktor, di antaranya rendahnya kualitas pribadi dan sosial siswa mendorong mereka berperilaku yang tidak pronorma, buruknya kualitas dan manajemen pendidikan mendorong rasa frustasi anak yang dilampiaskan pada tindakan negatif, termasuk tawuran.

Bahkan persoalan pengangguran, kemiskinan, dan kesulitan hidup memberi sumbangan tinggi bagi terbentuknya masyarakat termasuk siswa yang merasa kehilangan harapan untuk hidup layak.


Untuk ke depannya di Kabupaten Sidoarjo ini akan diberlakukan jam malam bagi pelajar, dan perdanya juga sedang di susun. Dengan adanya jam malam bagi pelajar ini kita semua berharap tidak akan ada pelajar pada saat jam belajar malam hari berkeliaran di jalan.


Dan sangat tepat jika mulai tahun 2013 kegiatan Pramuka yang bertujuan membentuk generasi yang berbudi pekerti luhur dan berkarakter dimasukkan dalam ekstra kurikuler wajib di sekolah, mengingat kegiatan pramuka ini sudah terbukti membentuk generasi yang berkualitas dan tangguh, jelas Hadi.


Berdasarkan pelaporan ketua panitia Drs. Fauzi Isfandiari yang kesehariannya menjabat sebagai Kepala Bakesbangpol Kabupaten Sidoarjo menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya Bintek ini adalah untuk meningkatkan kepekaan para pendidik dalam rangka antisipasi proteksi kenakalan pelajar sejak dini dapat direda.


Bintek yang diikuti oleh 54 peserta dari unsur Wakasek, Wali Kelas dan Guru BP se- Kabupaten Sidoarjo ini mendatangkan nara sumber dari Polres Sidoarjo, Kodim 0816, NII Crisis Center dan Universitas Airlangga.(humas/en)