Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Peringati Harhubnas 2013
Dilihat
363
Penulis:
2013-09-24 03:27:38




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Upacara memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2013 kemarin (23/9) di laksanakan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo di halaman Dinas Perhubungan Sidoarjo. Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum sebagai inspektur upacara (Irup) dalam upacara yang dihadiri oleh Forpimda Sidoarjo tersebut. Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM, Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki serta Wakil Ketua DPRD Sidoarjo H. Abdul Kholik hadir dalam kesempatan tersebut.


Membacakan sambutan Menteri Perhubungan R.I E.E Mangindaan, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa pemenuhan kebutuhan pelayanaan transportasi merupakan salah satu hak dasar setiap warga negara yang harus di penuhi oleh pemerintah. Hal tersebut sejalan tema peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2013, yakni Melalui Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2013, kita tingkatkan pembangunan sektor  trasportasi  untuk memajukan kesejahteraan rakyat .


Ia mengatakan bahwa kebutuhan pelayanan transportasi dari waktu ke waktu selalu mengalami peningkatan secara kualitas maupun kuantitas. Seiring dengan hal tersebut sampai bupati Sidoarjo, tidak sedikit timbul persoalan di dalam penyelenggaraannya. Kementrian perhubungan sendiri ujar bupati Sidoarjo yang membacakan sambutan menteri perhubungan R.I tidak dapat memenuhi kebutuhan transportasi seluruh lapisan masyarakat dan tidak dapat menyelesaikan persoalan dalam penyelenggaraannya. Oleh karena itu, di perlukan kebersamaan antara operator dan para pemangku kepentingan (stakeholder).


Melalui kebersamaan, diharapkan akan melahirkan semangat dan kedisiplinan serta tanggap terhadap fenomena persoalan yang berkembang dengan tetap mengedepankan pada keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi setiap pengguna jasa, pintanya.


E,E mangindaan mengatakan bahwa peningkatan akses dan keterjangkauan adalah tantangan yang belum terselesaikan dalam pembangunan trasportasi. Selain itu, sampainya, perlu diperhatikan pula tantangan baru dalam penyediaan trasportasi. Yakni peningkatan pendapat masyarakat dan perubahan karakteristik pasar yang akan membangkitkan tuntutan yang lebih bervariasi terhadap kualitas pelayanan transportasi yang lebih baik.


Tantangan yang kedua lanjut menteri Perhubungan R.I tersebut  adalah transportasi harus menyesuaikan pola perdagangan global dimana liberalisasi perdagangan membawa kecenderungan volume barang dan jarak pengiriman yang lebih tinggi. Sedangkan disisi lain Indonesia sangat mengandalkan pertumbuhan ekonomi yang sangat cepat sehingga mengakibatkan meningkatkan kebutuhan transportasi bagi kaum urban dengan sangat cepat pula.


Untuk itu dalam kesempatan tersebut menteri Perhubungan nasional mengajak seluruh insan perhubungan untuk merapatkan barisan dalam menangani seluruh permasalahan yang terkait reformasi birokasi. Yakni dengan melakukan terobosan baru terhadap pelayanan transportasi kepada masyarakat secara bertahap, konkrit, realistis dan sungguh-sungguh. Serta mampu berfikir di luar rutinitas yang ada sehingga dapat menyelesaikan seluruh persoalan pelayanan trasnportasi dengan tetap mengedepankan kepentingan nasional.  Selain itu paradigma pelayanan trasportasi yang berkualitas, mandiri, berkelanjutan dan berdaya saing perlu diwujudkan.


Tidak hanya itu, melakukan upaya luar biasa dalam mempercepat pembangunan sarana dan prasarana trasportasi secara adil dan merata adalah salah satu upaya peningkatan pelayanan transportasi kepada masyarakat.

 

Diakhir sambutannya, Menteri Perhubungan R.I E.E Mangindaan berharap rasa kebersamaan seluruh jajaran perhubungan dapat ditingkatkan dari waktu ke waktu melalui peringatan Hari Perhubungan Nasional. Selain itu makna peringatan Hari Perhubungan Nasional adalah sebagai wahana meningkatkan prestasi serta pengabdian yang diharapkan akan meningkatkan kinerja sektor perhubungan di masa yang akan datang. Serta sekaligus memperkokoh rasa persatuan dan persaudaraan diantara semua dan segenap Keluarga Besar Perhubungan.

 

Dalam rangka memperingati Harhubnas 2013 tahun ini, Dinas Perhubungan Sidoarjo telah mengagendakan beberapa kegiatan serta lomba yang telah dilaksanakan. Seperti kegiatan jalan sehat dengan hadiah  utama dua sepeda motor Honda beat yang kemarin Minggu (22/9) dilaksanakan di Alun-alun Sidoarjo. Selain itu Lomba manajemen dan rekayasa lalu lintas antar kecamatan, serta penilaian operasional pelayanan angkutan umum dan pemilihan pelajar pelopor tertib lalu lintas tahun ini juga diselenggarakan.

 

Piala serta uang pembinaan kepada pemenang lomba dalam rangka Harhubnas 2013 tahun ini diserahkan dalam upacara Harhub