Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Berangkatkan CJH 1434H/2013M
Dilihat
377
Penulis:
2013-09-17 11:29:08




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Tahun 2013 ini, ada sebanyak 1781 orang Calon Jama’ah Haji (CJH) asal Kabupaten Sidoarjo yang akan berangkat ke tanah suci Makkah. Kemarin, Minggu (15/9) Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum memberangkatkan 890 CJH di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo. Mereka tergabung dalam dua Kloter, yakni Kloter 10 dan 11.


Sebelumnya juga sebanyak 890 orang CJH telah diberangkatkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. MG Hadi Sutjipto SH,MM di tempat yang sama, Sabtu (14/9).  Mereka tergabung dalam Kloter 8 dan 9.


Mengawali sambutannya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berdoa kepada calon jama’ah haji yang akan berangkat, untuk selalu mendapat hidayah dan perlindungan Allah SWT. Diberi penuh kesabaran dan kepasrahan dalam menjalankan rukun Islam yang ke lima tersebut.


Semoga para calon jama’ah haji ini diberikan kemudahan oleh Allah SWT dalam menjalankan ibadahnya, doanya.


H. Saiful Ilah juga meminta kepada  jama’ah haji untuk berhati-hati dalam melaksanakan serangkaian ibadah yang akan dilakukannya. Seperti menghindari kepadatan serta kemungkinan bahaya di tempat-tempat saat melontar jumroh maupun saat melakukan thawaf. Untuk itu ia berpesan kepada  jama’ah haji agar mengikuti petunjuk-petunjuk serta bimbingan petugas kloter  yang ditugaskan.


Berhati-hatilah dan ikutilah petunjuk-petunjuk serta bimbingan petugas kloter, insya’ alloh bapak dan ibu dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik, pesannya.


Diakhir sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga berpesan kepada para CJH yang akan berangkat untuk menjaga kesehatannya. Ia menghimbau untuk makan-makanan yang begizi,  terutama makan buah-buahan agar stamina tubuh tetap terjaga.


Jangan lupa membawa obat-obatan yang biasa dipakai dan banyak makan buah-buahan, pesannya.


Dalam kesempatan tersebut tidak lupa Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menitipkan doa bagi keselamatan kabupaten yang dipimpinnya. Ia meminta kepada para tamu Allah tersebut untuk meluangkan waktunya, bertafakur ditempat-tempat mustajabah. Memanjatkan doa agar Kabupaten Sidoarjo terbebas dari segala musibah dan dapat mewujudkan Sidoarjo sebagai kabupaten yang sejahtera, mandiri, dan berkeadilan dibawah lindungan dan ridho Allah SWT.


Saya selaku bupati Sidoarjo mengucapkan selamat jalan kepada seluruh calon jama’ah haji asal Kabupaten Sidoarjo. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan dan ma’unah kepada bapak dan ibu semua, sehingga bapak dan ibu dapat melaksanakan seluruh amalan ibadah haji dengan sempurna dan pulang ke tanah air dengan membawa predikat haji yang mabrur, doanya.


Selain menyediakan bantuan transportasi berupa bus untuk mengantar CJH dari Pendopo Delta Wibawa menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya disediakan Pemkab Sidoarjo. Dalam kesempatan tersebut, souvenir berupa seragam batik haji nasional juga diberikan seperti tahun-tahun sebelumnya. Secara simbolis bupati Sidoarjo mengenakannya kepada dua orang CJH yang akan diberangkatkanya.


Mudah-mudahan bantuan dari Pemkab Sidoarjo ini, dapat menjadi perekat semangat silaturrahmi diantara kita dan semakin dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah diantara kita semua, harapnya.


Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo Drs. H. Nur Syamsuddin M.Si mengungkapkan bahwa tahun ini jumlah CJH yang sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) ada sebanyak 2.177 orang. Akan tetapi tidak semuanya dapat berangkat melaksanakan ibadah haji di tahun ini. Ada 396 CJH yang tertunda pemberangkatannya karena beberapa faktor.


Tertundanya keberangkatan CJH di tahun ini ungkap H. Nur Syamsuddin disebabkan antara lain sakit, meninggal dunia, serta akibat pemotongan kuota haji sebesar 20% oleh pemerintah Arab Saudi. Rinciannya adalah 7 orang sakit, 2 orang meninggal, 387 orang tertunda keberangkatannya tahun ini akibat pemotongan kuota haji yang telah ditetapkan.


Jadi jumlah seluruhnya ada 1781 orang. Mereka tergabung dalam 5 kloter, yakni kloter 7, 8, 9, 10, dan Kloter 11. Untuk Kloter 7 kemarin sudah diberangkatkan melalui Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, sampainya.


Dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo H. Nur Syamsuddin mengatakan bahwa iklim di Mekkah dan Madina sekarang cukup panas. Yakni sekitar 42 derajat celcius. Ia juga mengatakan bahwa tempat tawaf saat ini yang bias ditempati hanya lantai bawah saja. Hal tersebut disebabkan adanya renovasi besar-besaran yang juga berdampak terhadap pengurangan kuota haji tahun ini.


Sebelum adanya renovasi besar-besaran, lokasi tawaf setiap sat