Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Buka Bimtek Perpustakaan
Dilihat
520
Penulis:
2013-08-26 02:25:26




HUMASPROTOKOL,Sidoarjo. Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan pelayanan perpustakaan di Kabupaten Sidoarjo. Salah satunya adalah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Perpustakaan Desa/Kelurahan dan Perpustakaan Khusus di Hotel Utami Sidoarjo,  Senin (26/8).


Dibuka Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum, 60 orang  pengelola perpustakaan desa maupun kelurahan serta pengelola perpustakaan khusus dan pengelola perpustakaan PKK akan mengikuti Bimtek tersebut selama dua hari. Dua nara sumber disiapkan untuk menyampaikan materi. Yakni dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Jawa Timur dan motivator dari MarkPlus Institute Of Marketing Surabaya.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap melalui Bimtek kali ini, semua perpustakaan yang ada di Kabupaten Sidoarjo dapat berkembang bersama. Agar hal tersebut terwujud Bupati Sidoarjo meminta keseriusan peserta Bimtek dalam mengikutinya.

 

Dalam kesempatan tersebut ia juga berpesan agar apa yang diperoleh dalam Bimtek kali ini nantinya dapat diaplikasikan di masing-masing perpustakaan yang dikelola. Sehingga apa yang menjadi acuan dan pedoman dalam pengelolaan perpustakaan benar – benar bisa diterapkan ke seluruh Perpustakaan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Baik itu perpustakaan desa maupun perpustakaan kelurahan  serta perpustakaan khusus dan perpustakaan PKK.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan bahwa keberadaan lembaga perpustakaan dewasa ini tidak dapat dianggap sebelah mata. Kontribusi perpustakaan bagi pembangunan mentalitas dan intelektual bangsa cukup besar. Melalui gerakan masyarakat  membaca sampai H. Saiful Ilah diharapkan akan terjadi perubahan yang signifikan dalam perilaku bermasyarakat.

 

Penggalakan kebiasaan membaca sejak usia dini diharapkan menjadi satu kebutuhan pokok yang  akan  membawa  masyarakat ke tataran intelektual yang lebih baik, sampai Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah.

 

Masih sampai bupati Sidoarjo, lembaga perpustakaan wajib memfasilitasi sarana prasarana perpustakaan yang memadai dan merata hingga ke lingkup marginal. Karena itu lanjutnya, SDM perpustakaan yang handal dan berkompeten mutlak diperlukan untuk mendukung Gerakan Jatim Membaca yang telah dicanangkan oleh Gubernur Jawa Timur,  H. Soekarwo.

 

Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo Drs. Sutjipto MM mengatakan bahwa maksud diselenggarakannya Bimtek kali ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan ketrampilan pengelola perpustakaan didalam mengelola bahan pustaka dan memberikan pelayanan perpustakaan. Selain itu  ujar Drs. Sutjipto Bimtek kali ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan pengelola perpustakaan untuk menggerakkan masyarakat pemustaka didalam menumbuhkan minat baca dan pemberdayaan masyarakat.

 

Terbangunnya sinergi dan jaringan antar sesama pengelola perpustakaan umum maupun perpustakaan khusus juga merupakan salah satu yang diharapkan dari Bimtek kali ini, ujar Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo Drs. Sutjipto. Sementara itu menandai di mulainya Bimtek kali ini, secara simbolis bupati Sidoarjo mengkalungkan kartu peserta Bimtek kepada dua orang. (humas/git)