Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Pimpin Upacara HUT RI ke-68
Dilihat
502
Penulis:
2013-08-23 10:06:52




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo - Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.HUM  memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-68  Kemerdekaan Republik Indonesia  di Alun - alun Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (17/8).

            Bertindak sebagai Komandan Upacara pada peringatan kali ini adalah AKP Andik Gunawan, SIK Kasat Shabara Polres Sidoarjo dan sebagai Perwira Upacara Kompol Sunardi, SH, MH Kabag Sumda Polres Sidoarjo sementara itu Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih yang bertugas adalah pasukan 45  yang baru saja dikukuhkan pada kamis (15/8) lalu oleh Bupati Sidoarjo.

            pasukan 45 diperkuat oleh pembawa bendera Lidia Charolina dari SMAN III Sidoarjo dan tiga orang pengerek bendera yakni Ibrahim Abhirawa dari SMAN I Sidoarjo, Muhammad Firdaus dari SMA Hang Tuah II dan Ferry Firman dari SMA Bhayangkari III Porong..

            Peringatan Detik-Detik Proklamasi ditandai dengan tembakan meriam 17 kali, sirine, bedug di masjid Agung Kabupaten Sidoarjo  tepat pukul 10.00 WIB yang berlangsung  selama  satu menit.

            Pasukan upacara ada 24 peleton terdiri dari unsur Kodim 0816, Yonif 516, Yon Arhanudse, Gudpusjat dan Optik, Guspuzi II, Puspenerbal, Brigif - 1 Marinir, Lanud TNI AU Surabaya, Polres Sidoarjo, Dishub Sidoarjo, Lapas Sidoarjo, Satpol PP, Bakesbangpol, BKD Sidoarjo, Purna Paskibra, FKPPI / PPM, Universitas Muhammadiyah, Pelajar SMA/SMK dan SMP, dan Pramuka.

            Setelah Detik - detik Proklamasi kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo Dawud Budi Sutrisno,  dan pembacaan doa.

            Diakhir upacara peringatan Detik - Detik Proklamasi tersebut Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Sidoarjo memberikan Remisi Umum 17 Agustus tahun 2013. Ada sejumlah 346 orang yang mendapat remisi umum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke - 68 ini.

            Yang mendapat remisi umum sebesar 1 bulan sebanyak 134 orang, 2 bulan sebesar 133 orang, 3 bulan sebesar 48 orang, 4 bulan sebesar 14 orang dan 5 bulan sebesar 1 orang, sedangkan yang mendapat remisi umum langsung bebas sebesar 1 bulan sebanyak 16 orang.

            Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah secara simbolis memberikan remisi tersebut kepada 3 orang binaan LP Klas II A Sidoarjo yakni Oktavianus Warisyu, Kokok Hariyanto dan Ibrahim wahyudianto.

            Setelah acara peringatan Detik - Detik Proklamasi Kemerdekaan RI selesai, Bupati Saiful Ilah menjamu para Veteran di pendopo Delta Wibawa, sebagai bentuk terima kasih atas perjuangan para Veteran

            Dan pada sore hari di tempat yang sama akan dilakukan upacara penurunan bendera.(humas/en/git)

.