Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Memberikan 15 Penghargaan Kepada Koperasi Berprestasi
Dilihat
60
Penulis: Bidang Informasi Publik
07-05-2018




KOMINFO, Sidoarjo – Koperasi sangat berpeluang besar dalam menyumbang perekonomian nasional, untuk itu pemerintah gencar menggerakkan koperasi sebagai soko guru perekonomian Indonesia. Seperti halnya, yang dilaksanakan oleh Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dengan menggelar kegiatan koperasi berprestasi di Alun – Alun Sidoarjo pada Jumat (4/5), yang merupakan salah satu upaya untuk menggiatkan koperasi di daerah.

Gelar Koperasi Berprestasi ini dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.HUM, turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur, Wakil Bupati, FORKOPIMDA, Sekretaris Daerah dan Anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo.
Panitia penyelenggara kegiatan ini Erna Kusumawati, Kepala Bidang yang membidangi kelembagaan koperasi di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo, menjelaskan bahwa kegiatan Gelar Koperasi berprestasi ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 4 – 6 Mei 2018.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada koperasi berprestasi di Kabupaten Sidoarjo, sekaligus untuk memotivasi para pelaku koperasi di Kabupaten Sidoarjo untuk lebih giat lagi. Mengingat Kabupaten Sidoarjo memiliki lebih dari 1.300 koperasi. Dan pada kegiatan Gelar koperasi Berprestasi ini ada 50 stand pameran yang turut memeriahkan kegiatan ini, “ jelas Erna.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum, memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pelaksanaan gelar koperasi berprestasi ini. Selain memberikan penghargaan terhadap koperasi juga memberikan motivasi kepada koperasi agar berfungsi sebagai lembaga ekonomi yang mampu untuk meningkatkan pendapatan anggota dan masyarakat.

"Saya bersyukur sekali pada kesempatan ini, akan memberikan penghargaan kepada 15 koperasi berprestasi di Kabupaten Sidoarjo, yang kriteria penilaiannya sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi No. 6 Tahun 2006 tentang Pedoman Penilaian Koperasi Berprestasi", ungkap Bupati Saiful Illah.

Masih menurut Bupati Saiful Ilah, pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Koperasi juga membantu koperasi – koperasi di Kabupaten Sidoarjo terutama untuk permodalan dengan bunga ringan, 6 persen dalam satu tahun, dan pembinaan. "Ada salah satu Koperasi di Kabupaten Sidoarjo ini, hanya pinjam Rp 2.500.000,- sekarang sudah berkembang menjadi Rp. 2 Milyar lebih, ini kita pakai contoh koperasi – koperasi lainnya,” jelas Abah Ipul.

Koperasi Berprestasi yang mendapatkan penghargaan pada kegiatan ini antara lain untuk kategori Koperasi Simpan Pinjam yakni Koperasi Wanita Sri rejeki Cemandi kecamatan Sedati, Koperasi Wanita Sri Rejeki Kecamatan Balong Bendo, Kopwan dari Desa Bulang Kecamatan Prambon, Kopwan Gilang Sejahtera Kecamatan Prambon, Kopwan Kartini dari Desa Kedung Kendi Kecamatan Candi, Koperasi Mandiri Bersama dari Desa Sepande – Candi, Koperasi Dewi Sri daro Desa Candi Pari – Porong, Koperasi Assakinah dari Candi Kepuh Sidoarjo, Koperasi Wanita Jati Sari dari Pondok Jati Sidoarjo, Koperasi Wanita Delta Sari dari PKK Kabupaten Sidoarjo, KPRI Delta Makmur, KPRI Bahtera dari SMKN 3 Buduran, Koperasi Karyawan Eccindo dari PT. Ecco Indonesia, Koperasi Brigif 2 Juanda dan Koperasi Intako dari Desa Kedensari Tanggulangin.(kominfo/eny)