Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kader Lingkungan bersama Pelajar se Kabupaten Sidoarjo ajak Warga Peduli Sampah
Dilihat
132
Penulis: Bidang Informasi Publik
12-03-2018




KOMINFO, Sidoarjo – Ratusan kader lingkungan dan pelajar se Kabupaten Sidoarjo Kirab keliling memutari Alun – alun Kabupaten Sidoarjo dengan memakai atribut dari sampah plastik dan kertas yang sudah didaur ulang menjadi kostum. Mereka dengan semangat menyanyikan yel-yel “Mari jaga bersama lingkungan kita” sebagai bentuk ajakan kepada seluruh masyarakat Sidoarjo untuk peduli sampah. Kegiatan tersebut untuk memperingati HPSN 2018 (Hari Peduli Sampah Nasional) yang berlangsung di Alun-alun Kabupaten Sidoarjo, Sabtu, (10/3).

Sekda Kabupaten Sidoarjo Ahmad Zaini memberikan apresiasi kepada para kader lingkungan yang selama ini menjadi ujung tombak menjada  kebersihan sampah ditingkat desa, kader lingkungan yang dibentuk oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo sangat membantu dalam program 3 R ( Reduce, Reuse, Recycle). 

 

 “Yang dilakukan kader lingkungan dalam mengedukasi masyarakat melalui program 3R sudah berjalan dengan baik, terbukti hampir tiap desa sekarang sudah ada bank sampahnya”, terang Zaini sesaat sebelum memberangkatkan peserta kirab.

Mantan Kepala Bappeda ini juga mengapresiasi peran pelajar yang ikut mengkampanyekan program Zero Waste dilingkungan sekolah masing-masing, Pemda melalui  DLHK mengajak peran serta pelajar untuk peduli lingkungan. Melalui Zero Waste Akademi  pelajar diberikan edukasi dan wawasan yang berkaitan dengan peduli lingkungan dan pengelolaan sampah.

“Akademi Zero Waste sebagai tempat pendidikan dini untuk para pelajar tujuannya agar para pelajar memiliki kepedulian menjaga kebersihan dilingkungan sekolahnya”, tutur Zaini.

 DLHK akan terus melakukan pendampingan kepada kader lingkungan yang ada ditingkat kecamatan hingga ditingkat desa, melalui event atau kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh DLHK tujuannya untuk memotivasi para kader lingkungan tetap semangat mendampingi masyarakat.

“Nanti malam DLHK akan menyelenggarakan Malam Penganugerahan SBH (Sidoarjo Bersih Hijau) sebagai apresiasi kepada para kader yang dinilai sangat baik dan berhasil dalam pengelolaan bank sampah didesanya, event ini untuk memotivasi para kader lingkungan agar tetap semangat karena mereka ini bekerja sukarela tanpa menerima imbalan materi.  Hanya satu yang mereka harapkan yaitu masyarakat sadar dan memiliki kepedulian menjaga lingkungan desanya dari sampah”, terang Kepala Dinas DLHK Dian Wahyuningsih. (ir/kominfo).