Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Peringati HPSN 2018 Camat diminta Bersih-bersih Sampah selama 3 Bulan
Dilihat
82
Penulis: Bidang Informasi Publik
09-03-2018




KOMINFO, Sidoarjo - Upaya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam mewujudkan Sidoarjo yang bersih dari sampah terus digalakkan, Bupati Saiful Ilah mengintruksikan kepada seluruh camat untuk bersih-bersih diwilayahnya selama 3 bulan dimulai sejak tanggal 21 januari hingga 21 april mendatang. Instruksi tersebut disampaikan oleh bupati dalam acara Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2018 dengan mengambil tema   “Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah" di Jl. Raya Perum Gading Fajar, Jum’at (9/3).

Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo diminta bupati untuk melibatkan unsur dari masyarakat dalam mewujudkan Sidoarjo bebas sampah, meski demikian Saiful Ilah menyadari persoalan sampah sudah menjadi isu nasional saat ini Indonesia menduduki peringkat ke 2 dunia sebagai Negara dengan produksi sampah tertinggi setelah china.

“Indonesia saat ini diperingkat kedua setelah china dengan penyumbang  sampah terbanyak yang mencemari laut”, terang Saiful Ilah.

Menurut Saiful Ilah penanganan sampah tidak bisa diselesaikan sendiri oleh pemerintah, yang paling sulit merubah kebiasaan masyarakat untuk sadar hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan. Bupati dua periode ini melihat sungai yang ada di Sidoarjo sekarang penuh dengan sampah plastik seperti popok pampers yang dibuang masyarakat akibatnya aliran sungai tidak berfungsi normal karena penuh dengan sampah.

“ Peringatan hari sampah nasional tahun ini saya jadikan momentum bersih-bersih, seluruh Camat dengan para stafnya dan juga melibatkan masyarakat desa serta kader lingkungan untuk bersih-bersih selama 3 bulan sejak januari kemarin hingga april mendatang”, terang Saiful Ilah.

Kepala dinas lingkingan hidup dan kebersihan Kabupaten Sidoarjo Dian Wahyuningsih menjelaskan rangkaian kegiatan HPSN 2018 diikuti seluruh pegawai yang ada dilingkungan pemkab Sidoarjo.

“Peringatan HPSN tahun ini melibatkan seluruh pegawai pemkab Sidoarjo untuk ikut bersih-bersih sampah mulai dari jalan bunderan Taman Pinang keselatan sampai  jl. Perum Gading Fajar desa sumokali yang selama ini dipakai tempat jualan PKL”, terang Dian. (ir/kominfo).