Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Masyarakat Sidoarjo Nonton Wayang Kulit di Pendopo
Dilihat
168
Penulis: Bidang Informasi Publik
17-02-2018




KOMINFO, Sidoarjo - Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo kemarin malam penuh sesak pada Kamis, (15/2). Masyarakat Sidoarjo berbondong-bondong ke pendopo untuk melihat pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Anom Suroto dari Surakarta Jawa Tengah. Ratusan kursi yang disediakan tidak mampu menampung banyaknya orang yang ingin melihat pagelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut. Alhasil mereka rela duduk bersila dilantai pendopo.

Pagelaran wayang kulit dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Fadli Mulyono ikut hadir menyaksikan. Selain itu hadir Panglima Komando Armatim R.I Kawasan Timur serta Danlantamal Surabaya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan pagelaran wayang kulit merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke 159 tahun 2018. Dalang kondang Ki Anom Suroto tiap tahun dihadirkan untuk menghibur masyarakat Sidoarjo. Kali ini Ki Anom Suroto akan mementaskan pewayangan dengan lakon Dewaruci.

Bupati Sidoarjo mengatakan dalang Ki Anom Suroto sangat disukai masyarakat Sidoarjo.  Permintaan untuk menghadirkannya dari masyarakat Sidoarjo sendiri. Untuk itu di setiap hari jadi Kabupaten Sidoarjo selalu mengundang dalang Ki Anom Suroto.

"Pak Saiful, nek ulang tahune Sidoarjo harus nanggap wayang kulit tapi dalange harus Ki Anom Suroto,"ujar salah satu warganya  yang disampaikan kepadanya.

Selain dalang Ki Anom Suroto, penikmat pegelaran wayang kulit juga akan dihibur oleh dalang Ki Bayu Prasetyo Aji. Oleh karenanya masyarakat pencinta kesenian wayang kulit kemarin malam tidak melewatkan pertunjukkan tersebut. Penyerahan lakon pewayangan oleh bupati Sidoarjo kepada dalang Ki Anom Suroto menandai dimulainya pertunjukkan wayang kulit tersebut.

Dalam pagelaran tersebut masyarakat juga dihibur oleh para pelawak. Diantaranya Gareng dari Semarang, Wiwid dari Surakarta serta Cak Agus Kuprit, Cak  Tawar dan Ning Marem dari Sidoarjo. Sebagai bintang tamu, aksi mereka mampu membuat penonton tertawa. (sigit/kominfo)