Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo Ke – 159 Bakal Meriah dengan Pesta Rakyat dan Mlaku Bareng Bupati
Dilihat
2010
Penulis: Bidang Informasi Publik
01-02-2018




KOMINFO, Sidoarjo - Panitia Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo memprediksi rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo (HJKS) Ke-159 akan berlangsung lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bupati Saiful Ilah mengajak seluruh lapisan masyarakat Sidoarjo untuk bersama-sama menyambut Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo dengan turut memeriahkan serangkain acara yang sudah disiapkan oleh panitia HJKS. “Salah satu rangkaian HJKS ke 159 adanya Pesta Rakyat dan Mlaku Bareng Bupati yang dipusatkan di Alun-alun Sidoarjo, warga silahkan hadir ikut memeriahkan”, terang Abah Saiful.

Sekretaris Panitia HJKS Ke-159, Aan Ali Fauzansyah (Aan) menyatakan, antusiasme masyarakat menjelang peringatan HJKS ke 159 ini sangat luar biasa. Gencarnya Publikasi yang dilakukan oleh Dinas Kominfo direspon dengan antusias oleh warga Sidoarjo. Masyarakat sudah banyak bertanya dan menunjukkan kesiapannya untuk memeriahkan acara pada saatnya nanti. “Kami juga melihat waktu kemarin kegiatan ziarah ke mantan Bupati Sidoarjo, Panitia menerima informasinya dalam waktu relatif singkat, tetapi animo masyarakat luar biasa. Semoga pada peringatan HJKS ke-159 nanti pun bisa lebih meriah lagi. Insya alloh pelaksanaannya akan lebih bagus,” ungkapnya saat ditemui di Sidoarjo Kantor Setda Kabupaten Sidoarjo, Selasa, (30/1).

Aan  yang juga merupakan Kepala Bagian Protokol dan Rumah Tangga Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo tersebut melanjutkan, HJKS ke-159 mengangkat tema 'Dengan semangat Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke-159, Kita Kerja Bersama Demi Terwujudnya Infrastruktur yang Berkualitas dan Pemerataan Ekonomi yang Berdaya Saing Global”. ”Rangkaian peringatan HJKS akan berlangsung dari tanggal 15 Januari – 17 Februari 2018 mendatang,” ujarnya.

Kegiatan tersebut, kata dia, diawali ziarah ke makam mantan Bupati Sidoarjo berlanjut dengan Dzikrul Ghofilin, Sema’an Al Qur’an Jantiko Mantab yang kemudian dilanjutkan dengan Talk Show di TV dan Radio lokal. Upacara puncak peringatan HJKS akan berlangsung Hari Rabu 31 Januari 2018 yang semua pesertanya mengenakan baju adat kebaya Guk Yuk Sidoarjo.

Aan menambahkan, kegiatan tambahan peringatan HJKS diselenggarakan dalam rangka memberi suguhan bagi masyarakat dengan serangkaian kegiatan di antaranya ada Mlaku Bareng Bupati dan Pesta Rakyak, Pameran UMKM, Sunnatan Massal, Pagelaran Wayang Kulit oleh Dalang Ki ANom Suroto, Resepsi hari Jadi, Do’a bersama 2000 anak yatim, Pemuda Sidoarjo bersholawat bersama Habib Syech, Screening mata dan operasi bibir Sumbing.

Aan pun meminta dukungan kepada masyarakat agar pada peringatan HJKS ke-159 bisa berjalan baik karena kegiatan tersebut merupakan kegiatan masyarakat, adapun pemerintah hanya memfasilitasi. “Namun yang lebih penting dari itu adalah bagaimana mendalami makna di balik peringatan tersebut. Kalau HUT RI untuk meningkatkan semangat kebangsaan pada diri kita semua. Melalui HJKS, mari kita bersama-sama meningkatkan kecintaan kepada kebudayaan kita, budaya kabupaten Sidoarjo dengan ikut menjaga dan memajukannya. (ir/kominfo).