Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Upacara Hari Jadi ke- 159 Kabupaten Sidoarjo Wakil Bupati Serahkan Banyak Penghargaan
Dilihat
523
Penulis: Bidang Informasi Publik
31-01-2018




KOMINFO, Sidoarjo – Upacara Peringatan Hari Jadi ke-159 Kabupaten Sidoarjo yang dilaksanakan pada Rabu (31 / 1), di Alun – alun Kabupaten Sidoarjo, sangat berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya. Pelaksanaan upacara tahun ini, para peserta terutama yang dari PNS wajib menggunakan pakaian khas Sidoarjo (pakaian Guk dan Yuk). Bukan hanya para peserta upacara yang diwajibkan mengenakan pakaian khas Sidoarjo, tapi semua PNS wajib mengenakannya, karena dalam rangka Hari Jadi ke-159 Kabupaten Sidoarjo,hal ini merujuk kepada SK Bupati Sidoarjo no. 451 tahun 1996 tentang pakaian daerah Sidoarjo.

Bertindak selaku inspektur upacara Wakil Bupati Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin, SH, pada momen bersejarah Kabupaten Sidoarjo dan sebagai komandan upacara , Camat Sedati.  Turut hadir pula Anggota DPR RI, Arzeti Bilbina Setyawan, Ketua DPRD, para pimpinan Forkopimda, Para pimpinan TNI Polri dan Para mantan Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo.

Wakil Bupati Sidoarjo dalam sambutannya menyatakan komitmen kuat Pemkab Sidoarjo pada momen Hari Jadi ini untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.  Komitmen tersebut aplikasikan dalam prioritas pembangunan Kabupaten Sidoarjo di tahun 2018 ini, yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik, meningkatkan inovasi dan daya saing ekonomi daerah yang berbasis pada potensi unggulan daerah, meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan, meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang aman, nyaman, demokratis, berbudaya dan agama, dan mengoptimalisasi pembangunan infrastruktur.

Untuk pembangunan infrastruktur yang termasuk dalam program pembangunan skala besar dalam RPJMD Kabupaten Sidoarjo tahun 2016 – 2021 diantaranya, pembangunan gedung RSUD Wilayah Barat, Pembangunan Gedung Terpadu (Kantor Bersama Pemda), Penuntasan Frontage Road, Pembangunan jalan Lingkar luar Timur dan Lingkar Barat, Peningkatan jalan dengan jalan cor. “Dalam pembangunan infrastruktur ini akan terus ditingkatkan lebih baik lagi dan lebih lengkap, “ jelas Cak Nur.

Pada moment Hari Jadi Sidoarjo juga diserahkan pemberian penghargaan kepada OPD yang telah berinovasi dalam pelayanan publik sepanjang tahun 2017 yakni diberikan oleh Menpan RB, kepada BKD dengan inovasinya “SIPEKAT” (Sistem Pengelolaan Kenaikan Pangkat)  secara online, masuk dalam data top 99 Nasional, dan Dinas Penanaman Modal dan PTSP serta RSUD Sidoarjo yang telah berhasil menjadi role model penyelenggaraan pelayanan publik terbaik “Kategori A”.

Selanjutnya penghargaan dari Gubernur Jawa Timur kepada UPT Anak Berkebutuhan Khusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo dengan inovasinya SIPANDU, yang masuk dalam 25 top kompetisi inovasi pelayanan publik se – Jawa Timur, Puskesmas Tarik dengan inovasinya “SIAP TARIK” meraih penghargaan terbaik ke-2 dalam kompetisi budaya kinerja terbaik. Dan Pemkab Sidoarjo juga memberikan Standart Manajemen Mutu Pelayanan Sertifikat ISO 9001 : 2015 kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo. Selain itu juga diserahkan Mobil Perpustakaan Keliling untuk Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Selain pernghargaan juga diserahkan piagam penghargaan 100 kali donor secara simbolis. Diserahkan juga bantuan  hand Tractor Rotary 2017 kepada Kelompok Tani Desa Tanjung Sari, Bringinbendo, dan Desa Sambisari – Sambibulu Kecamatan Taman. Semua penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Sidoarjo dengan didampingi Anggota DPR RI dan Ketua DPRD Kabupaten Sidoarjo. (en/kominfo).