Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Minta UMKM Sidoarjo Manfaatkan Dana Bergulir Pemkab Sidoarjo
Dilihat
132
Penulis: Bidang Informasi Publik
16-01-2018




KOMINFO, Sidoarjo - Ribuan Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi (UMKM) yang ada di Kabupaten Sidoarjo diharapkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH,M.Hum., dapat memanfaatkan dana bergulir dari Pemkab Sidoarjo. Bunga pinjaman dana bergulir tersebut sangat kecil. Peminjam dikenakan bunga 6 % pertahun. Bahkan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo memberikan pinjaman tanpa agunan/jaminan untuk pinjaman sebesar Rp 5 juta. Hal tersebut di katakan Bupati Sidoarjo saat menghadiri Pengukuhan Pengurus Divisi UKM Koperasi Anugrah Sejahterah yang di kelola oleh Badan Musyawarah Antar Gereja (Bamag) Kabupaten Sidoarjo, di Bu Lin Resto Sidoarjo, Senin (15/1).

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan sampai saat ini dana bergulir yang telah diberikan hampir mencapai Rp 59 Milyar. Program dana bergulir tersebut diberikan mulai tahun 2002 sampai sekarang. Pelaku UMKM dapat menikmati dana bergulir tersebut sebagai tambahan permodalan. Jika dihitung, peminjam hanya dikenakan bunga setengah persen perbulan bila bunga pinjaman sebesar 6 % pertahun. Hal tersebut lebih ringan dari bunga bank pada umumnya sebesar 12% pertahun. Oleh karena itu anggota Koperasi Anugrah Sejahterah juga dapat memanfaatkan dana bergulir tersebut. Dana bergulir khusus diberikan kepada penduduk Sidoarjo. “Tolong manfaatkan dana bergulir yang dipinjamkan oleh Kabupaten Sidoarjo,”pintanya.

Lina, salah satu pengurus Koperasi Anugrah Sejahterah mengatakan Koperasi Anugrah Sejahterah sebagai koperasi simpan pinjam. Anggotanya yang memiliki usaha dapat melakukan pinjaman di koperasi yang dikelolanya. Lina mengatakan bunga pinjaman yang diberikan sangat lunak. Lina berharap dengan dana pinjaman tersebut dapat memajukan UMKM anggota koperasinya.

Dalam pengukuhan yang sekaligus perayaan Natal siang tadi dihadiri oleh Ketua Bamag Indonesia Agus Susanto serta Ketua Bamag Kabupaten Sidoarjo Bambang Sihombing. Selain itu juga dihadiri Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo yang juga istri dari Bupati Sidoarjo, Hj. Anik Saiful Ilah. Dalam kegiatan itu, Hj. Anik Saiful Ilah memberikan beberapa potongan kain kepada pengurus koperasi yang juga ikut diserahkan bupati Sidoarjo. (sigit/kominfo)