Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Jelang Ramadhan Pelaku UKM dan Dekranasda Kabupaten Sidoarjo Gelar Bhakti Sosial
Dilihat
411
Penulis:
2013-07-01 03:14:35




HUMAS PROTOKOL, Sidoarjo – Menyambut datangnya bulan  suci ramadhan, untuk mewujudkan tali silahturahmi serta rasa kepedulian sosial  terhadap masyarakat, para perajin atau pelaku UKM dan Dekranasda Kabupaten Sidoarjo melaksanakan bhakti sosial di tiga Panti Asuhan di Kabupaten Sidoarjo hari ini (1/7).


            Ketua Dekranasda Kabupaten Sidoarjo, Hj. Anik Saiful Ilah selaku ketua rombongan di dampingi oleh Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan, dan ESDM  Fenny Apridawati, SKM, M.Kes. dan instansi terkait serta 15 orang pengrajin/ pelaku UKM Kabupaten Sidoarjo berangkat dari halaman Dekranasda Kabupaten Sidoarjo menuju lokasi bhakti sosial.


            Bantuan yang diberikan berupa sembako, peralatan untuk sekolah dan mandi serta hasil karya UKM berupa busana muslim, batik dan masih banyak lagi.


            Lokasi pertama yang dituju adalah Panti Asuhan Sabilul Ulum Al Hidayah yang berlokasi di desa Karang Puri Wonoayu binaan dari dr. H. Herdi. Rombongan Bhaksos UKM Dekranasda diterima di oleh Ketua Yayasan H. Achmad Suyono.


            Ketua Yayasan Achmad Suyono yang lebih akrab disapa ustadz Nono menyampaikan rasa terima kasih atas kedatangan rombongan bhaksos hari ini. Panti asuhan yang berdiri sejak tahun 2001 ini, yang awalnya hanya sepetak kamar kini sudah berkembang hingga hingga menempati lahan seluas 1,5 Ha.


            Tahun lalu Panti Asuhan ini juga mendapat bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Para anak asuh yang kebanyakan juga anak yatim, di panti asuhan ini tidak semuanya bermukim dipanti asuhan , tapi setiap bulan rutin kita kasih untuk biaya sekolahnya, jelas Nono.


            Setelah menyerahkan bantuan rombongan bergerak menuju lokasi kedua yakni di Panti Asuhan Nurul Wildan Yang berlokasi di Jalan Apel No.20 Sekardangan. Ada 30 anak yatim di Panti  Asuhan Nurul Wildan, tetapi yang bermukim di Panti Asuhan ini 19 orang sedangkan yang 11 orang tinggal di rumah masing – masing.


            Walaupun tidak tinggal di panti asuhan tetapi mereka masih tetap mengikuti kegiatan rutin panti.


            Panti Asuhan Nurul Wildan ini berdiri sejak tahun 2001 atas prakarsa ibu – ibu warga RW. V Kelurahan Sekardangan. Uniknya para pengurus Panti Asuhan ini adalah pensiunan PNS Sidoarjo. Bertindak sebagai ketua Yayasan adalah Hj. Sri Pertiwi pensiunan dari Badan Pertanahan.


            Kunjungan bhaksos yang terakhir di PAnti Asuhan Dharma Wanita Kabupaten Sidoarjo yang berlokasi di Jl. Dr. Sutomo 22 Magersari. Dibawah naungan Kabupaten Sidoarjo.


Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, Perdagangan dan ESDM, Fenny Apridawati SKM, M.Kes dalam kunjungan ke panti – panti tersebut menawarkan kepada para anak – anak panti untuk belajar kewirausahaan.


Para Pengrajin UKM Sidoarjo siap memberikan semacam kursus gratis, bagi yang berminat untuk Jahit, sulam dan lain sebagainya, tinggal atur waktunya saja, jelas Fenny.  (humas/en)