Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Berikan Bantuan Kepada Korban Puting Beliung
Dilihat
151
Penulis: Bidang Informasi Publik
29-12-2017




KOMINFO, Sidoarjo - Korban bencana alam angin puting beliung yang menerpa Desa Tambak Sawah, Desa Tambak Sumur dan Desa Tambakrejo Kecamatan Waru mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Bantuan diberikan kepada 28 korban luka dan 719 warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat bencana tersebut. Pada Kamis (28/12) bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum kepada 3 orang penerima di Pendopo Delta Wibawa. Bantuan tersebut diserahkannya usai kegiatan Jumpa Pers Akhir Tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan Wartawan Media Massa yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo.

Bantuan pertama diberikan kepada korban luka Nursiyamah warga Desa Tambakrejo yang diwakili oleh Kepala Desa Tambakrejo Nur Machmud sebesar Rp. 18 juta. Bantuan kedua diberikan kepada Sukemi warga Desa Tambak Sawah yang menerima bantuan sebesar Rp. 4 juta. Sedangkan bantuan ketiga diberikan secara simbolis kepada Frisdianto warga Desa Tambak Sumur sebesar Rp. 1 juta.

Sementara itu dalam kegiatan jumpa pers tersebut bupati Sidoarjo paparkan beberapa capaian pembangunan Kabupaten Sidoarjo. Ia katakan perkembangan investasi di tahun 2017 ini mencapai 17,5 Triliyun. Capaian tersebut meningkat dibanding tahun 2016 sebesar 16,9 Triliyun. Peningkatan disektor itu dipengaruhi oleh perdagangan dan UKM. Sedangkan untuk pembangunan dibidang pendidikan dilakukan kegiatan pembangunan dan rehabilitasi bangunan Sekolah Dasar/SD. Di tahun 2017 ada 119 SD yang direhabilitasi. Baik itu tingkat sedang maupun berat dengan sumber dana dari APBD maupun DAK. Rencananya di tahun 2018 masih ada 79 lembaga SD yang akan direhabilitasi.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga paparkan capaian kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sidoarjo. Diantaranya pembangunan Command of Operation Center (COC) oleh Dinas Kominfo Kabupaten Sidoarjo. Fungsinya adalah untuk memudahkan Pemkab Sidoarjo dalam memantau serta mengontrol kinerja OPD serta memudahkan koordinasi dengan para camat, kepala desa/kelurahan melalui video conference. Selain itu untuk pengembangan bidang E-Government Pemkab Sidoarjo meluncurkan tiga aplikasi pelayanan publik sebagai bagian dari quick win dari smart city. Diantaranya aplikasi BMW, SIGAP dan SIAP TARIK yang terintegrasikan dalam satu aplikasi yakni RUMAH SIDOARJO.

Di bidang infrastruktur jalan lanjut bupati Sidoarjo, Dinas PUPR Kabupaten Sidoarjo merealisasikan pembangunan jalan COR sepanjang 4 Km yang terbagi di lima titik. Yakni jalan Porong-Krembung, jalan Bulang-Prambon, jalan Kepadangan-Krembung, jalan Prambon-Gedang Rowo, serta jalan Kebonagung-Kemasan. Selanjutnya untuk RSUD Kabupaten Sidoarjo saat ini sedang dibangun IGD dan ruang pelayanan hemodialisa.

Untuk pembangunan pasar rakyat, ada dua pasar rakyat yang dibangun dan didanai oleh APBN tahun 2017. Yakni Pasar  Rakyat Wonoayu yang beberapa waktu diresmikannya dan Pasar Porong yang masih dalam proses pengerjaan. Pembangunannya melalui Program Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan R.I.

Sedangkan untuk penanganan bencana yang terjadi sepanjang  tahun 2017, telah dilaksanakan program pra bencana. Yakni program “Sekolah Sungai”, yang dilaksanankan secara sinergi oleh dinas PUPR, BPBD, dan DLHK. Selain itu ada program Desa Tangguh Bencana yang telah dilaksanakan di Desa Bungurasih Kecamatan Waru. Untuk Desa Tangguh Bencana juga akan dilaksanakan di Desa Kupang, Semambung dan Kedungpandan Kecamatan Jabon.

Dalam kesempatan tersebut ia juga katakan di tahun 2018 Kabupaten Sidoarjo akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak. Ada 70 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades. Dari 70 desa tersebut pelaksanaan Pilkades di 14 desa akan dilakukan melalui e-voting.

Diakhir paparannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengajak semuanya untuk memperbaiki kehidupan kedepan agar lebih baik. Ia menghimbau kepada rekan pers untuk menanggalkan  segala bentuk perilaku  dan kegiatan yang dapat mencoreng kegiatan pelayanan informasi kepada masyarakat. Ia katakan apabila kita mampu menampilkan kesejukan opini yang bertanggung jawab dan berimbang   maka masyarakat akan mencari dan lebih mendekatkan diri pada keberadaan insan pers sebagai sosok penyedia informasi. "Beberapa hari lagi akan segera berakhir, untuk itu, marilah kita perbaiki kehidupan kedepan yang lebih baik,"ujarnya. (sigit/kominfo)