Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Wujudkan Konsumsi Pangan B2SA, Gelar Lomba Cipta Menu
Dilihat
813
Penulis:
2013-06-26 03:12:37




Wujudkan Konsumsi Pangan B2SA, Gelar Lomba Cipta Menu


HUMASPROTOKOL,Sidoarjo.- Berbagai jenis menu makanan dan minuman berbahan lokal di sajikan oleh Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo. Mulai dari jenis menu pagi, siang sampai malam di sajikan oleh 18 TP-PKK kecamatan dalam lomba Cipta Menu yang digelar Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan bekerjasama dengan TP-PKK Kabupaten Sidoarjo, Rabu (26/6).


Tidak hanya menu yang beragam yang harus di sajikan, namun makanan dan minuman tersebut harus bergizi, seimbang dan aman untuk dikonsumsi. Selain harus Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2 SA), dalam penyajiannya pun harus berbasis makanan khas daerah.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa potensi pangan yang berbasis pada sumber daya lokal di Kabupaten Sidoarjo cukup melimpah. Akan tetapi tidak mudah untuk mengembangkan penganekaragaman pangan tersebut karena menyangkut kesehatan, budaya, sosial, ekonomi dan teknologi. Untuk itu, melalui lomba Cipta Menu (B2SA) Berbasis Makanan Khas Daerah tersebut upaya pengembangan penganekaragaman pangan dapat terwujud.


Untuk itu dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengajak untuk mengembangkan sumber daya pangan lokal, untuk dapat dimanfaatkan menjadi beranekaragam menu. Yang nantinya hal tersebut  akan dapat memenuhi kebutuhan pangan beragam, bergizi dan berimbang bagi masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Sehingga nantinya lanjut Bupati Sidoarjo yang akrab dengan panggilan Abah tersebut masyarakat Sidoarjo tidak lagi mengandalkan satu jenis bahan makanan pokok saja (Beras,red). Akan tetapi dapat diperoleh dari berbagai jenis  bahan makanan  dalam pemenuhan kebutuhan makanan.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan bahwa untuk mewujudkan hidup sehat, aktif, cerdas dan produktif. Setiap individu harus mengkonsumsi anekaragam pangan secara seimbang yang dapat diperoleh dari berbagai jenis tanaman, ternak maupun ikan sebagai sumber karbohidrat, protein serta vitamin dan mineral.


Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menilai bahwa tidak ada satupun bahan pangan yang mempunyai kandungan gizi lengkap. Maka dari itu sampainya, setiap orang perlu mengatur makanan setiap harinya dengan makanan yang mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang.


Untuk itu perlunya diadakan lomba cipta menu ini guna meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman), sampainya.



Sementara itu dalam Lomba Cipta Menu yang dihadiri oleh Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Ny. Anik Saiful Ilah dan Hj. Ny Nanik Hadi Sutjipto dan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Sidoarjo serta kepala SKPD Sidoarjo. Tiga dewan juri dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Akademi Gizi Surabaya, serta Surabaya Hotel School memutuskan TP-PKK Kecamatan Taman sebagai juara pertamanya. Dengan nilai 921, TP-PKK Kecamatan Taman berhak mendapatkan tropy bergilir dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo serta piala dan uang pembinaan.


Untuk juara kedua dengan raihan nilai 813, diraih oleh TP-PKK Kecamatan Buduran. Sedangkan juara ke tiga di raih oleh TP-PKK Kecamatan Sidoarjo dengan total nilai yang diberikan sebesar 805. Untuk juara harapan, secara berurutan diraih oleh TP-PKK Kecamatan Jabon sebagai juara harapan pertama disusul oleh TP-PKK Kecamatan Prambon dan Sukodono.


Sedangkan untuk kategori juara Favorit diraih oleh TP-PKK Kecamatan Taman. Untuk kategori juara Kreatifitas Pengembangan Resep diraih oleh TP-PKK Kecamatan Buduran dan  kategori juara Tata Saji di raih oleh TP-PKK Kecamatan Tanggulangin. Sedangkan lomba pameran diservikasi pangan yang juga digelar di halaman pendopo diraih oleh UPP Lebo. (humas/git)