Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Sekda Sidoarjo Minta OPD Sajikan Data Yang Berkualitas dan Beragam
Dilihat
40
Penulis: Bidang Informasi Publik
12-12-2017




KOMINFO, Sidoarjo - Sekretaris Daerah (Sekda) Sidoarjo Djoko Sartono SH. M.Si meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Sidoarjo hasilkan data statistik yang berkualitas dan beragam. Untuk itu diharapkan setiap OPD Sidoarjo bersama lembaga daerah lainnya serta perusahaan dapat meningkatkan sinergitas, koordinasi serta komunikasi dan kerjasama. Hal tersebut diminta dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sidoarjo, Ir. Agoes Boedi Tjahjono, MT dalam membuka kegiatan Ekspose Statistik Kabupaten Sidoarjo tahun 2017 yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo di Aula Delta Karya Setda Sidoarjo, Selasa, (12/12).

Agoes Boedi Tjahjono mengatakan ketersedian data statistik bagi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo sangat penting. Kebutuhan akan data statistik diperlukan guna mendukung pembangunan Kabupaten Sidoarjo. Oleh karenanya ketersediaan data statistik yang berkualitas dan beragam sangat diperlukan. Data yang akurat dan lengkap digunakan dalam perencanaan pembangunan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan. “Mari kita tingkatkan kualitas dan ragam data pada masing-masing penyelenggara OPD, instansi, lembaga dan perusahaan untuk mewujudkan ketersediaan data statistik guna mendukung pembangunan di Kabupaten Sidoarjo,”pintanya.

Agoes Boedi Tjahjono menambahkan saat ini tantangan pemenuhan kebutuhan data statistik yang beragam, up to date dan tepat waktu semakin dirasakan. Data yang dapat diakses dengan mudah dan cepat salah satu jawaban tantangan kebutuhan data kedepan. Namun diakui menjawab tantangan tersebut tidaklah  mudah. Dengan beragamnya arus komunikasi dan informasi saat ini serta beragam data yang dibutuhkan menjadi faktornya. Namun beragam data skala makro dan mikro tetap harus dihasilkan. Untuk itu kerjasama dengan berbagai pihak diperlukan agar data yang beragam dan berkualitas dapat dipenuhi.  

Melalui kegiatan kali ini diharapkan data statistik dari Badan Pusat Statistik (BPS) Sidoarjo senantiasa sinkron dengan data Pemda Sidoarjo.  Pasalnya data BPS tersebut terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah.

Sementara itu Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Sidoarjo Drs. Setyo Winarno, M.Si mengatakan salah satu tujuan kegiatan kali ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas data daerah. Pesertanya seluruh kepala OPD di Sidoarjo maupun instansi terkait yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Ia katakan ada tiga nara sumber yang dihadirkan dalam kegiatan kali ini. Yakni dari Dinas Komunikasi dan Informatika Propinsi Jawa Timur, BPS Propinsi Jawa Timur dan BPS Sidoarjo. (sigit/kominfo)