Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Prihatin Jumlah Kasus HIV/AIDS di Sidoarjo
Dilihat
180
Penulis: Bidang Informasi Publik
11-12-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Data Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo menunjukkan tahun 2001-2017 bulan September tercatat sebanyak 2.361 kasus HIV/AIDS di Kabupaten Sidoarjo. Ironisnya hampir 70% penderitanya di usia produktif. Hal tersebut diungkapkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum dalam sambutannya pada acara Grand Final Pemilihan Putra-Putri Duta Peduli AIDS di Pazkul KNV Sidoarjo, Jum'at, (8/12). Dalam kesempatan tersebut dihadiri Sekda Sidoarjo Djoko Sartono.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah melanjutkan data Dinas Kesehatan Sidoarjo juga mencatat bahwa tidak kurang 257 remaja usia 15-24 tahun positif HIV/AIDS. Melihat data tersebut ia katakan semua pihak patut prihatin. Untuk itu ia meminta bersama-sama memikirkan dan mencari solusi menyelamatkan generasi muda dari bahaya penularan virus mematikan tersebut.

"Melihat data dan fakta diatas, kita patut prihatin dimana remaja yang semestinya sibuk meraih prestasi dan mengejar cita-cita akan tetapi remaja tersebut harus meluangkan waktu dan fokusnya untuk menjalani pengobatan akibat terinfeksi HIV AIDS,"sampainya.

H. Saiful Ilah yang juga menjabat ketua ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sidoarjo tersebut bangga akan keberadaan Duta Peduli AIDS Sidoarjo. Pasalnya mereka mampu melaksanakan tugas mulia menyelamatkan generasi muda dari bahaya penularan virus HIV AIDS. Untuk itu bupati Sidoarjo meminta semua pihak mendukung semua kegiatan duta peduli AIDS di Sidoarjo.

"Saya selaku bupati Sidoarjo dan ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Sidoarjo menghimbau kepada semua OPD, organisasi kemasyarakatan serta masyarakat Sidoarjo pada umumnya untuk dapat membantu memfasilitasi semua kegiatan para duta peduli AIDS,"pintanya.

Diakhir sambutannya ia meminta duta peduli AIDS nantinya dapat menjadi pioneer dan penggerak bagi teman sebayanya untuk ikut aktif dalam mensukseskan program pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS di Kabupaten Sidoarjo. Oleh karenanya ia meminta peran serta dan keaktifannya setelah terpilih sebagai duta peduli AIDS Sidoarjo.

Sementara itu dalam pemilihan duta peduli AIDS Sidoarjo kemarin malam ditetapkan Aya Sulthon Hakim dan Fitra Adinia sebagai duta peduli AIDS tahun ini. Mereka berdua berasal dari SMAN 4 Sidoarjo. Sedangkan Wakil Satu putra dan putri duta peduli AIDS disematkan kepada siswa SMKN 1 Sidoarjo Axel Alana dan mahasiswi Unair Surabaya Janessa Arummasai. Untuk Wakil Dua putra dan putri disematkan kepada Glen Aviano siswa SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo dan Kevin Natasya siswi SMAN Cendekia Sidoarjo. Dalam kesempatan tersebut juga dinobatkan duta peduli AIDS favorit Kharisma Julianto siswa SMAN 1 Tarik dan Nurul Fitria siswi SMAN 1 Gedangan. Mereka berhak mendapatkan tropy dan uang pembinaan. Sedangkan untuk duta peduli AIDS berhak mendapatkan piala bergilir duta peduli AIDS Kabupaten Sidoarjo. (sigit/kominfo)