Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Kukuhkan Ketua Baznas Sidoarjo
Dilihat
87
Penulis: Bidang Informasi Publik
22-11-2017




KOMINFO,Sidoarjo- H. Vino Rudy Muntiawan SH jabat sebagai ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sidoarjo periode 2017-2022. Dalam mengemban jabatannya, mantan Sekda Sidoarjo tersebut dibantu oleh tiga wakil ketua dengan bidang masing-masing. Diantaranya KH. Abdul Wachid Harun sebagai Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan, Dr. H. Djoko Subagio sebagai Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pengembangan dan Drs. H. Ilhamuddin sebagai Wakil Ketua III Bidang Administrasi, SDM, Perencanaan Keuangan dan Pelaporan. Sore tadi, Senin, (20/11) pimpinan Baznas Sidoarjo tersebut dikukuhkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pendopo Delta Wibawa. Dalam pengukuhan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan serta Wakil Ketua Baznas Propinsi Jawa Timur H. Nur Hidayat.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap para pimpinan Baznas Sidoarjo nantinya dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan amanah. Baznas Sidoarjo diharapkan juga dapat terus menggalang dan mengembangkan zakat, infaq dan shadaqoh masyarakat Sidoarjo. Ia juga berpesan untuk profesional, transparan dan akuntabel dalam mengelola zakat, infaq dan shadaqoh yang diperoleh.

 

Sementara itu Wakil Ketua Baznas Propinsi Jawa Timur H. Nur Hidayat mengatakan potensi zakat di Kabupaten Sidoarjo sangat luar biasa. Dengan kepemimpinan yang baru kali ini ia berharap zakat yang dihimpun dapat meningkat. Selain itu dapat mendistribusikannya sesuai dengan ketentuannya.

 

“Sidoarjo, tadi saya dapat bocoran, 2016 yang lalu, Rp. 2,6 milyar zakat yang berhasil dihimpun, artinya Sidoarjo masih sangat banyak zakat yang bisa dihimpun dari masyarakat,” ujarnya

 

Ia katakan potensi zakat di Jawa Timur mencapai Rp. 15 triliun. Namun dari data di Baznas Jawa Timur hanya terhimpun Rp. 400 milyar. Nilai tersebut merupakan gabungan dari Baznas propinsi, kabupaten/kota dan lembaga-lembaga zakat yang ada di Jawa Timur. Ia katakan hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi organisasi perzakatan di Jawa Timur. Ia berharap lembaga-lembaga zakat betul-betul menjadi organisasi yang transparan, akuntabel dan komunikatif dengan publik. Dengan demikian kepercayaan masyarakat terhadap lembaga zakat dapat dirasakan.

 

Ketua Baznas Kabupaten Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan mengatakan akan semaksimal mungkin menghimpun zakat di Sidoarjo. Zakat yang dihimpunnya tidak akan lagi terfokus pada zakat Pegawai Negeri Sipil (PNS) Sidoarjo. Nantinya ia akan menghimpun zakat-zakat dari perusahaan. (sigit/kominfo)