Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
​Pemkab Sidoarjo Selenggarakan Musrembang Perubahan RPJMD 2016-2021
Dilihat
158
Penulis: Bidang Informasi Publik
20-11-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Musyawarah Perencanaan Pembangunan  (Musrenbang) perubahan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Sidoarjo 2016-2021 digelar di Pendopo Delta Wibawa, pagi tadi, Kamis, (16/11). Kegiatan tersebut di buka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH hadir dalam kesempatan tersebut. Anggota DPRD Sidoarjo, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sidoarjo, BEM perguruan tinggi di Sidoarjo, pimpinan BUMN/D di Sidoarjo, TP-PKK Kabupaten Sidoarjo dan organisasi kemasyarakatan yang ada di Sidoarjo di undang dalam kegiatan tersebut. Bappeda Propinsi Jawa Timur turut hadir dalam Musrembang tersebut.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan perubahan RPJMD memiliki arti penting dan strategis dalam upaya melanjutkan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo. Ia katakan keterlibatan masyarakat dalam kegiatan seperti ini merupakan wujud pendekatan partisipatif yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Melalui pendekatan seperti ini dapat diketahui apa saja aspirasi masyarakat dalam memajukan pembangunan di Sidoarjo.

 

Ia katakan ada lima misi dalam dokumen rancangan RPJMD perubahan. Diantaranya pemerintahan yang bersih dan akuntabel, meningkatkan perekonomian daerah, meningkatkan kualitas dan standar pelayanan pendidikan dan kesehatan serta meningkatkan tatanan kehidupan masyarakat yang berbudaya dan berahklaqul karimah dan peningkatan infrastruktur publik yang memadai dan berkualitas.

 

Sementara itu ada beberapa program unggulan yang tertuang dalam rancangan perubahan RPJMD tahun 2016-2021. Diantaranya pendidikan dasar gratis 9 tahun bagi siswa SD dan SMP, percepatan pembangunan infrastruktur, pembangunan RSUD wilayah barat, pembangunan eco mandiri, penguatan kemandirian desa, smart city, pengelolaan lingkungan sehat dan terintegrasi, modernisasi pasar tradisional, peningkatan jumlah dan kualitas tenaga kesehatan serta pemberian beasiswa bagi pelajar berprestasi dan beasiswa pasca sarjana bagi tenaga pendidik. Semua program unggulan tersebut sebagai bentuk penjabaran visi dan misi bupati dan wakil bupati Sidoarjo periode 2016-2021.

 

"Program-program unggulan yang tertuang dalam rancangan perubahan RPJMD Kabupaten Sidoarjo tahun 2016-2021 ini merupakan wujud komitmen kami sebagai bupati dan wakil bupati untuk menjadikan Kabupaten Sidoarjo yang lebih baik dan maju,"ujarnya.

 

Ia berharap target tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam rancangan dokumen perubahan RPJMD Kabupaten Sidoarjo tahun 2016-2021 dapat tercapai. Untuk itu dibutuhkan konsistensi dan kesinambungan program  dari semua pihak.

 

"Konsistensi dan kesinambungan program dalam perubahan RPJMD menjadi tanggung jawab kita semua guna pencapaian target tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam rancangan dokumen perubahan RPJMD Kabupaten Sidoarjo tahun 2016-2021,"sampainya. (sigit/kominfo)