Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
PEMKAB SIDOARJO GELAR UPACARA HARI KESEHATAN NASIONAL KE-53
Dilihat
94
Penulis: Bidang Informasi Publik
20-11-2017




KOMINFO, Sidoarjo - Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 digelar di Alun-alun Sidoarjo (15/11). Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin S.H. hadir sebagai inspektur upacara. Upacara ini mengangkat Tema “Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku”.

 

Dalam sambutannya Wakil Bupati menjelaskan bahwa tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

 

Program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga menekankan pada pentingnya peran keluarga dalam pembangunan kesehatan. Lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan perilaku dan gaya hidup yang sehat, oleh karena itu kita perlu terus berupaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat pada masyarakat mulai dari lingkungan keluarga.

 

Selain penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga, pembangunan kesehatan juga perlu melibatkan lintas sektor yaitu melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

 

“Keberhasilan Program Kesehatan tidak terlepas dari peran masyarakat dan lintas sektor terkait. Oleh karena itu, Pemerintah mendorong terlaksananya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, perlu kerja sama lintas sektor dan lintas program dalam mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya dapat membentuk Bangsa Indonesia yang kuat” ucapnya.

 

Dengan dua program tersebut pemerintah berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sehingga tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

 

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini dilaksanakan juga penyerahan mobil ambulans baru oleh Wakil Bupati Sidoarjo kepada Ka.UPT Puskesmas Tarik, Puskesmas Buduran, Puskesmas Sidoarjo dan Puskesmas Waru.

 

“Mudah-mudahan dengan fasilitas baru ini bisa meningkatkan dan menyempurnakan pelayanan Puskesmas kepada masyarakat, Kita harus terus berpacu dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat” harap Cak Nur Wakil Bupati.

 

Wakil Bupati meminta Puskesmas dan tenaga kesehatan di dalamnya harus mengambIl peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan promosi perilaku hidup bersih dan sehat melalui pendekatan keluarga. Puskesmas mempunyai peran yang sangat penting dalam menyelesaikan banyaknya permasalahan kesehatan serta untuk meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang.

 

“Dalam kesempatan ini saya mengajak seluruh insan kesehatan agar menjadikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 sebagai momentum unuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan. Mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakkan semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan” tutup Wakil Bupati dengan penuh semangat.

 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Sekda Kab. Sidoarjo Djoko Sartono S.H., M.Si, Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Wayan Karya, S.H., M.Hum., Kepala Dinas Kesehatan, dr. Ika Harnasti, Direktur RSUD Sidoarjo, dr. Atok Irawan, Sp.P dan Pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Berbagai penghargaan bagi petugas kesehatan, dan medis juga diberikan dalam upacara tersebut.