Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Anggota Panwaslu Kecamatan Se Kabupaten Sidoarjo Dilantik
Dilihat
175
Penulis: Bidang Informasi Publik
20-11-2017




KOMINFO,Sidoarjo- 54 anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo dilantik, Sabtu, (11/11). Pelantikan dilakukan oleh Ketua Panwaslu Kabupaten Sidoarjo drs. Muhammad Rosul di Hotel Hologen Juanda Sidoarjo. Mereka akan melakukan pengawasan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur tahun 2018, Pemilihan Umum (Pemilu) DPR, DPRD serta Pemilu presiden dan wakil presiden. Usai dilantik anggota Panwaslu Kecamatan tersebut mendapatkan pembekalan.

 

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH hadir dalam kesempatan tersebut. Selain juga hadir Ketua Banwaslu Propinsi Jawa Timur Muhammad Amin M.Pd.I, Ketua KPUD Sidoarjo Mokhammad Zainal Abidin, M. Pd.I serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sidoarjo Mulyawan.

 

H. Nur Ahmad Syaifuddin berharap nantinya anggota Panwaslu Kecamatan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Ia katakan jabatan yang diembannya adalah tugas mulia tugas yang luhur. Dengan amanah tersebut ia berharap anggota Panwaslu Kecamatan dapat menciptakan

demokrasi yang berjalan dengan baik.

 

"Pelaksanaan demokrasi ini bisa berkualitas, para petugas, pejabat  seperti KPUD, Panwaslu harus benar dan jujur,"ucapnya.

 

Cak Nur panggilan akrab wakil bupati Sidoarjo tersebut mengakui tugas yang diemban anggota Panwaslu Kecamatan sangat berat. Menciptakan demokrasi yang berkualitas tidak mudah. Ada faktor yang selama ini menjadi kendalanya. Yakni pendidikan politik di masyarakat dan tingkat kemakmuran yang tidak merata. Dua faktor tersebut menurutnya paling pokok terhadap jalannya demokrasi.

 

"Mereka harus diberi tahu kalau memilih salah itu bagaimana akibat, kalau milih salah itu lima tahun akibatnya pak, keliru terus pak, kalau semuanya uang-uang, lima tahun gitu tok pak,"ujarnya.

 

H. Nur Ahmad Syaifuddin berharap anggota Panwaslu Kecamatan tidak gampang putus asa dalam menjalankan tugasnya. Ia meminta untuk menjalankan tugasnya sesuai ketentuan yang ada.

 

"Apapun yang jenengan lakukan, baik kecil apabila dilaksanakan sesuai dengan aturan maka akan berpengaruh bagi kualitas demokrasi saat ini,"ujarnya.

 

Senada dengan wakil bupati Sidoarjo, Ketua Panwaslu Kabupaten Sidoarjo Muhammad Rosul meminta anggota Panwaslu Kecamatan yang baru dilantik untuk bekerja sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu ia meminta untuk menjalankan tugas sesuai dengan asas-asas penyelenggaraan Pemilu. Dua hal tersebut yang harus dipegang teguh oleh anggota Panwaslu Kecamatan dalam menjalankan tugasnya.

 

Ketua Banwaslu Propinsi Jawa Timur Muhammad Amin juga berharap kepada anggota Panwaslu Kecamatan yang baru saja dilantik untuk dapat menjalankan tugas dan wewenang sesuai peraturan dan perundanga-undangan. Ia berpesan dalam bertindak untuk tidak menunggu adanya pelanggaran. Anggota Panwaslu Kecamatan hendaknya mencegah sebelum pelanggaran terjadi. (sigit/kominfo)