Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
206 Ribu UMKM Sidoarjo Jadi Sasaran Program Gerakan Nasional UMKM Go Online
Dilihat
273
Penulis: Bidang Informasi Publik
08-11-2017




KOMINFO, Sidoarjo - Visi ekonomi Indonesia 2020 ialah menjadi “The Digital Energy of Asia” dengan target pertumbuhan transaksi e-Commerce sebesar USD 130 milyar. Dalam mengejar visi ini, kita menghadapi dua tantangan utama yang harus diselesaikan secara seimbang dan serentak yaitu globalisasi dan sistem ekonomi yang adil dan produktif, yang berpihak pada rakyat serta terjaminnya sistem insentif ekonomi yang adil dan mandiri.

 Dalam mendukung visi bersama, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, pemerintah daerah Kabupaten Sidoarjo dan pelaku bisnis e-Commerce antara lain: BLANJA.com, MatahariMall.com, Lazada, Shopee, Blibli, Tokopedia dan Bukalapak bersama – sama melakukan Gerakan Nasional digitalisasi UMKM untuk mendorong kekuatan ekonomi nasional yang berbasis UMKM. Gerakan Nasional ini juga didukung oleh 2 program pemerintah yaitu 8 Juta UMKM dan Ekonomi Kerakyatan.

Ratusan pelaku usaha kecil menengah mendapat pembinaan dari Kementerian Kominfo RI di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Rabu 8/11.

Mereka diberikan pelatihan dan wawasan bagaimana cara melakukan penjualan melalui online dan bekerja sama dengan pelaku bisnis e-Commerce dalam menjual produknya,  

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan bahwa terdapat 206 ribu UKM Sidoarjo yang akan menjadi sasaran dari program UMKM Go Online dari Kementerian Kominfo RI.

Nur Ahmad menilai program Go Online UMKM ini sangat bagus sekali, ini merupakan program nasionalisasi gerakan kembali menggunakan dan mengkonsumsi produk buatan sendiri yang dihasilkan oleh UMKM karena ditengah persaingan global negara harus hadir memberikan perhatian dan dukungan kepada pelaku UMKM.

 “Pemkab Sidoarjo juga akan memfasilitasi para pelaku usaha kecil dengan memberikan kredit pinjaman lunak melalui Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sidoarjo”, terang Cak Nur sapaan akrab Wakil Bupati Sidoarjo.

 UMKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja ± 90 % serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada Produk Domestik Bruto Nasional. Terlebih lagi dari hasil survey UMKM yang telah online, dapat disimpulkan bahwa berjualan online dapat meningkatkan pendapatan UMKM hingga 26% dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang berimbas pada peningkatan ekonomi nasional secara berkala dan bertahap.

 Roadshow hari ini merupakan roadshow pembuka dari Gerakan UMKM Go Online. Roadshow dilaksanakan serentak di 13 kota yaitu: Medan, Jambi, Palembang, Bekasi, Bogor, Balikpapan, Denpasar, Semarang, Tangerang Selatan, Bandung Barat, Purwakarta, Sidoarjo dan Surabaya. Peresmian oleh semua stakeholder Gerakan Nasional UMKM Go Online akan diadakan pada tanggal 15 November di Jakarta.

 Diharapkan Gerakan Nasional ini dapat menjadi Gerakan yang berkesinambungan dan mencapai visi kita bersama yaitu menjadikan Indonesia sebagai “Digital Energy of Asia” pada 2020. (ir/kominfo).