Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Wakil Bupati Tutup Kegiatan Gebyar UMKM
Dilihat
24
Penulis: Bidang Informasi Publik
06-11-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Berakhir sudah kegiatan Pameran UMKM di museum Mpu Tantular yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan yang Kamis kemarin (2/11) dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum, kemarin malam, Sabtu, (4/11) ditutup oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH.

 

Kegiatan selama tiga hari tersebut tidak hanya diisi pameran produk-produk UMKM saja. Sebelumya ada kegiatan pawai seni budaya nusantara, Sidoarjo multimedia action, seminar bedah karya seni budaya serta kemah bhakti seni budaya nusantara yang diikuti anggota Kwarcab Gerakan Pramuka Sidoarjo. Diakhir penutupannya kemarin ditampilkan pertunjukkan dan kolaborasi seni dan budaya oleh siswa siswi sekolah. Selain itu juga di lounching sahabat museum Nowsoundtara. Pada penutupannya dilakukan penyalaan api unggun oleh wakil bupati Sidoarjo.

 

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengaku bangga atas terselenggaranya kegiatan kolaborasi tersebut. Ditempat tersebut ada pelaku usaha, seniman, budayawan dan generasi muda. Menurutnya kegiatan seperti ini akan menumbuhkan kecintaan generasi muda pada seni budaya.

 

"Apa yang dilakukan pada kegiatan ini adalah kolaborasi yang baik dan juga mengingatkan generasi muda untuk cinta pada seni dan budaya Indonesia,"ujarnya.

 

Kepala UPT Museum Mpu Tantular Edi Irianto mengaku bangga akan keberadaan sahabat museum. Keberadaan komunitas pecinta museum tersebut membantu pengembangan dan pelestarian kebudayaan nusantara lebih maju. Ia katakan di museum yang dikelolanya telah terdapat sahabat-sahabat museum dari berbagai kalangan. Seperti sahabat museum pecinta  mocopat, campursari sampai latihan baca tulis jawa kuno. Sahabat-sahabat museum tersebut ia ajak bekerjasama untuk membesarkan kebudayaan nusantara. Ada banyak kegiatan yang dilakukan museum Mpu Tantular. Seperti kegiatan pagelaran seni, literasi, seminar sampai festival budaya.

 

"Kami berkolaborasi, bekerja bersama untuk membesarkan kebudayaan nusantara khususnya di Jawa Timur,"ucapnya.

 

Ketua sahabat museum Nowsoundtara Aji Kelono mengatakan kehadiran Nowsoundtara ingin menunjukkan kepada dunia luar bahwa seni budaya yang ada di nusantara sangat luar biasa. Melalui seni budaya yang ada ia ingin menunjukkan jati diri bangsa.

 

Ia katakan dipilihnya nama Nowsoundtara sebagai sahabat museum untuk mendekatkan generasi muda kepada kesenian dan budaya nusantara. Menurutnya nama Nowsoundtara  adalah  suara kekinian untuk menyuarakan kepada dunia luar bahwa kesenian budaya nusantara patut menjadi kebanggaan.

 

"Untuk masuk kedalam generasi muda, kami beri nama Nowsoundtara, suara kekinian untuk menyuarakan kepada dunia luar melalui Sidoarjo bahwa kesenian budaya nusantara patut untuk menjadi kebanggaan, patut untuk dijadikan jati diri bangsa,"ucapnya. (sigit/kominfo)