Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Sosialisasikan Peraturan Perkoperasian
Dilihat
228
Penulis: Bidang Informasi Publik
18-10-2017




KOMINFO,Sidoarjo- 200 orang pengurus koperasi PKK desa/kelurahan ikuti Sosialisasi Peraturan Perkoperasian di Pendopo Delta Wibawa, Selasa, (17/10). Kegiatan tersebut digelar untuk menambah wawasan aturan perkoperasian yang mengatur tentang permodalan koperasi. Pagi tadi, sosialisasi tersebut dibuka oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah. Kepala Seksi Fasilitasi Permodalan Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jawa Timur Agus Winarto SE, M.Si dihadirkan sebagai narasumber kegiatan.

 

Ny. Hj. Anik Saiful Ilah mengatakan ibu-ibu kader PKK menjadi pelopor berdirinya Koperasi Wanita (Kopwan) di desa maupun kelurahan. Saat ini Kopwan PKK desa/kelurahan telah tersebar diseluruh didesa dan kelurahan. Keberadaanya tetap eksis untuk membangun perekonomian.

 

Ia katakan saat ini koperasi dituntut dapat bersaing dalam era globalisasi. Koperasi harus bisa mencari solusi dalam mengatasi permasalahan permodalan. Koperasi juga harus bisa mandiri untuk dapat bersaing di era globalisasi saat ini. Dengan begitu keberadaan suatu koperasi dapat tetap eksis ditengah persaingan dengan pelaku ekonomi lainnya.

 

Melalui kegiatan seperti ini ia berharap jati diri koperasi dapat lebih dipahami oleh pengurus koperasi. Selain itu diharapkan lewat kegiatan kali ini dapat dicari terobosan dan peluang permodalan yang disediakan pemerintah bagi koperasi di Sidoarjo.

 

Plt. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Drs. Ec. Tjarda, MM yang hadir menyambut baik terselenggaranya kegiatan kali ini. Kegiatan seperti ini memberikan semangat berkoperasi di Sidoarjo. Ia kaatakan dengan koperasi akan menumbuhkan dan menggerakkan ekonomi suatu daerah. Koperasi akan menjawab tantangan menghadapi era globalisasi saat ini.

 

“Semestinya dengan koperasi itu kita bisa menjawab tantangan yang selama ini kita takuti, dengan adanya era globalisasi, era keterbukaan itu semua akan terjawab dengan kita berkoperasi,”ucapnya.

 

Ia juga mengatakan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo akan  membuat program penciptaan wirusaha baru. Program tersebut untuk mencetak pengusaha-pengusaha baru di Sidoarjo. Mereka akan dilatih dan dimotivasi untuk menjadi pengusaha. Setelah itu mereka akan diberikan permodalan untuk menjalankan usahanya. Dukungan permodalan dari pemerintah pusat bagi pengusaha pemula juga dapat diakses. Pemerintah pusat akan memberikan bantuan permodalan sebesar Rp. 13 juta.

 

“Nantinya kita akan bantu, kita dampingi sehingga kita nanti betul-betul dapat menumbuhkan wirausaha baru yang bisa membantu perekonomian di Sidoarjo,”ucapnya.

 

Dalam kesempatan tersebut diserahkan trofi sekaligus uang pembinaan kepada Pos PAUD tergiat. Pemenang pertama diraih oleh Taman Posyandu Pelangi Desa Kenongo Kecamatan Tulangan, juara dua diraih Taman Posyandu Villa Jasmine Desa Suko Kecamatan Sidoarjo dan Juara ketiga diraih oleh Taman Posyandu Permata Adi Buana Desa Ceamandi Kecamatan Sedati. Mereka adalah para pemenang lomba Pos PAUD tergiat yang diselenggarakan TP-PKK Kabupaten Sidoarjo pada bulan Agustus lau.

 

Ada beberapa tim juri dalam lomba tersebut. Yakni dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Keluarga Berencana (Dinas PMD P3A KB) Kabupaten Sidoarjo, Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Sidoarjo serta dari TP-PKK Kabupaten Sidoarjo. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Ny. Hj. Anik Saiful Ilah. (sigit/kominfo)