Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Kabupaten Sidoarjo Masuk Verifikasi Nasional Kabupaten Kota Sehat Kementerian Kesehatan R.I
Dilihat
372
Penulis: Bidang Informasi Publik
06-10-2017




KOMINFO,Sidoarjo-  Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Kota Sehat (KKS) Kementerian Kementerian Kesehatan R.I kemarin, Rabu, (4/10) datang ke Kabupaten Sidoarjo. Kedatangannya kemarin malam disambut langsung oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di Pendopo Delta Wibawa. Selain itu juga disambut oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo H. Usman, M.Kes serta Ketua dan wakil ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo dan para kepala OPD Sidoarjo terkait. Kedatangan tim tersebut untuk memverifikasi kabupaten kota yang akan dipilih mendapatkan penghargaan KKS dari Kementerian Kesehatan R.I.

 

Ketua tim verifikasi nasional KKS dr. Safaat Hutagalung yang datang bersama dr. Anita mengatakan penyelenggaraan KKS sudah dimulai sejak tahun 1998. Namun ditahun 2005 baru memiliki payung hukum yang jelas melalui Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan R.I.

 

Ia katakan penyelenggaraan KKS bertujuan untuk mewujudkan kondisi kabupaten kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat yang dilakukan melalui berbagai kegiatan berbasis masyarakat dan dijustifikasi oleh pemerintah kabupaten kota secara berkesinambungan.

 

Ia mengatakan program KKS bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan. Namun merupakan program multisektor. Untuk itu diperlukan peranan semua lintas sektor SKPD di kabupaten kota secara berkesinambungan.

 

Ia katakan verifikasi KKS dilakukan setiap dua tahun sekali. Tahun 2017 ini diikuti oleh 173 kabupaten kota dari 26 propinsi di tanah air. Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan pada verifikasi dua tahun lalu. Ditahun 2015 lalu ada 147 kabupaten kota dari 23 propinsi yang di verifikasi untuk mendapatkan penghargaan KKS. Namun ia katakan sebenarnya verifikasi tersebut bukan untuk memilih juara atau pemenang. Akan tetapi verifikasi atas kinerja pemerintah bersama masyarakat dalam melaksanakan pembangunan dengan pendekatan kabupaten kota sehat.

 

Ia juga katakan penghargaan tersebut bukan tujuan akhir dari penyelenggaraan KKS. Namun adanya hubungan kemitraan yang lebih baik antara pemerintah dengan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di daerah adalah yang terpenting.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah memaparkan kondisi wilayah Kabupaten Sidoarjo. Ia katakan sebagai daerah yang sedang berkembang, Kabupaten Sidoarjo sangat menaruh perhatian pada pembangunan kualitas lingkungan hidup. Termasuk pembangunan sanitasi perkotaan di semua wilayah di Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut dikatakannya tidak lain bertujuan untuk menciptakan kondisi Kabupaten Sidoarjo yang bersih, hijau, indah dan sehat.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah melanjutkan implementasi penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat di Kabupaten Sidoarjo telah dirintis mulai tahun 2007 melalui penetapan keputusan bupati. Pentingnya program tersebut bagi pembangunan daerah membuat Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melakukan berbagai penyempurnaan. Hal tersebut dimulai dengan penetapan kebijakan melalui Peraturan Bupati nomor 26 tahun 2016 tentang penyelenggaraan Kabupaten Sidoarjo Sehat beserta program dan kegiatan khususnya yang melibatkan peran aktif masyarakat.

 

Ia melanjutkan sebagai upaya untuk mencapai Kabupaten Sehat, tahun ini Pemerintah Kabupaten Sidoarjo akan mengajukan dua tatanan yang telah dibina selama ini. Yaitu kawasan pemukiman, sarana dan prasarana sehat serta kawasan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri untuk dijadikan pilot project. Masih dikatakan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah bahwa keikut sertaan Kabupaten Sidoarjo dalam penyelenggaraan tatanan Kabupaten Kota Sehat untuk yang pertama kalinya merupakan kesempatan dalam menoreh prestasi pada bidang pembangunan kesehatan disemua sektor. Untuk itu Kabupaten Sidoarjo telah menyiapkan beberapa titik pantau penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat untuk di verifikasi.

 

Sementara itu Ketua Forum Kabupaten Sidoarjo Sehat dr. Ali Arifin mengatakan ada beberapa program kerja Forum Kabupaten Sidoarjo Sehat yang dilakukan. Seperti penguatan kelembagaan melalui koordinasi serta pembentukan Forum Komunikasi di kecamatan dan kelompok kerja di desa dan kelurahan. Selain itu lembaganya juga telah melakukan penyusunan rekomendasi kegiatan tatanan bersama OPD terkait forum kecamatan serta Pokja desa dan kelurahan.

 

Ia katakan tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana sehat yang telah disiapkan Kabupaten Sidoarjo adalah taman kota lokasi car free day Alun-alun S