Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Canangkan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan
Dilihat
57
Penulis: Bidang Informasi Publik
04-09-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Desa Grabagan Kecamatan Tulangan dicanangkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum, Minggu, (3/9). Pencanangan yang dibarengi jalan sehat dan karnaval memperingati HUT R.I ke 72 tahun diselenggarakan di lapangan sepakbola Desa Grabagan. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Ikeda Hendra Kusuma serta Camat Tulangan Abdul Wahib hadir dalam pencanangan tersebut. Dalam pencanangan tersebut dilakukan penyerahan kartu kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan kepada warga Desa Grabagan. Selain itu juga diserahkan santunan jaminan kematian sebesar Rp. 24 juta kepada ahli waris oleh bupati Sidoarjo.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyambut baik pencanangan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Sidoarjo. Menurutnya kegiatan kali ini adalah langkah penting meningkatkan kesejahteraan para pekerja diwilayahnya.  Ia katakan jaminan sosial penting dan harus dimiliki oleh seluruh warga Indonesia. Pasalnya menjadi peserta jaminan sosial akan mendapatkan perlindungan atas resiko ekonomi. Baik itu resiko karena sakit, kecelakaan kerja, meninggal dunia maupun memasuki hari tua.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah katakan bagi pekerja kantor atau penerima upah lainnya, resiko tersebut menjadi beban pemberi kerja. Namun beda halnya dengan pekerja mandiri. Semua resiko harus ditanggung sendiri. Oleh karena itu ia berharap kepada seluruh pekerja mandiri segera menjadi peserta jaminan sosial. Baik itu jaminan sosial kesehatan maupun ketenagakerjaan.

 

“Saya berharap kepada seluruh pekerja mandiri di Desa Grabagan ini khususnya, dan masyarakat Sidoarjo pada umumnya, segera melengkapi diri dengan jaminan sosial ini agar bisa bekerja lebih tenang dan lebih produktif,”pintanya.

 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengucapkan terimakasihnya kepada Pemerintahan Desa Grabagan yang mendukung program BPJS. Ia katakan Desa Grabagan adalah desa pelopor jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Sidoarjo. Ia juga ucapkan terimaksihnya kepada BPJS Ketenagakerjaan yang giat mensosialisasikan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada masyarakat Sidoarjo. Ia berharap BPJS Ketenagakerjaan terus memegang komitmennya sebagai lembaga yang menjunjung tinggi good governance dan melayani seluruh pesertanya sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang ditetapkan.

 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sidoarjo Ikeda Hendra Kusuma mengatakan pencanangan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Pencanangannya sudah dimulai bulan Agustus dan berakhir bulan Oktober. Pencanangannya pun dilombakan secara nasional. Hadiahnya akan diberikan kepada desa yang terpilih sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan terbaik nasional.

 

Ia katakan di Kabupaten Sidoarjo ada 7 desa yang akan dicanangkan sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Selain Desa Grabagan juga Desa Grogol Tulangan, Desa Sumput Sidoarjo dan juga Pasar Taman yang akan dicanangkan. Di Desa Grabagan sendiri sudah hampir seribu orang yang menjadi peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Semua itu tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Desa Grabagan dan para kader jaminan sosial ketenagkerjaan. Ikeda Hendra Kusuma mengatakan ada 4 program yang terdapat pada Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Seperti jaminan kecelakaan, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan jaminan kematian.

 

Kepala Desa Grabagan Purnomo mengungkapkan jumlah penduduk yang dipimpinnya sekitar 7 ribu jiwa. Sekitar seribu orang telah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Kesadaran masyarakat Desa Grabagan terhadap Jaminan Sosial Ketenagakerjaan cukup tinggi. Bahkan terus meningkat dari golongan menengah seperti petani.

 

“Alhamdulillah semakin meningkat dengan kesadaran masyarakat untuk masa depannya, banyak dari kalangan masyarakat petani maupun kalangan servis,”ujarnya. (sigit/kominfo)