Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Festival Jajanan Sehat Sekolah Tercatat Muri
Dilihat
58
Penulis: Bidang Informasi Publik
04-09-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Tim Pembina-Usaha Kesehatan Sekolah (TP-UKS) Kabupaten Sidoarjo gelar Festival Jajanan Sehat Sekolah di halaman parkir Timur Mall Ramayana Sidoarjo. Kegiatan yang memamerkan berbagai macam jajanan kantin sekolah tersebut digelar hari ini, tanggal 31 Agustus sampai 3 September 2017. Ada 30 sekolah yang ikut dalam festival itu. Yakni 10 sekolah SD, 10 sekolah SMP dan 10 sekolah SMA di Sidoarjo. Mereka mengelar jajanan sehat yang dijual dikantinnya di stan-stan yang telah disediakan. Festival tersebut tercatat dalam Rekor Dunia Indonesia/Museum Rekor Indonesia (MURI) yang ke 8.076.

 

Tadi siang, festival tersebut dibuka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, M.Hum, Kamis, (31/8). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Manager MURI Ariani Siregar SE, Ketua Tim Pembina UKS Propinsi Jawa Timur Drs. Susanto/Eyang Santo, Manager PT. Sinar Sosro Jawa Timur Eko Nugraha serta Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Sidoarjo Hj. Anik Saiful Ilah dan Hj. Ida Nur Ahmad Syaifuddin.

 

Dalam sambutannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan kegiatan seperti ini sebagai sarana sosialisasi jajanan sehat sekolah. Ia katakan masih banyak jajanan yang kurang menyehatkan yang dijual dikantin sekolah. Dengan kegiatan seperti ini diharapkan kantin-kantin sekolah berlomba-lomba menyedikan jajanan sehat dikantinnya.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga mengatakan masyarakat dapat menyaksikan dan menikmati berbagai macam jajanan sekolah yang bersih dan menyehatkan dalam festival seperti ini. Selain itu para pelajar dapat mengetahui dan memahami kandungan kalori setiap jajanan yang dikonsumsi. Disisi lain kegiatan seperti ini diharapkan berpengaruh positif terhadap pelestarian jajanan khas daerah utamanya makanan khas Sidoarjo.

 

“Melalui Jajanan UKS ini, kita dapat menyaksikan danmenikmati berbagai macam jajanan sekolah baik dari segi kuantitas  maupun kualitasnya,”ujarnya.

 

Manager MURI Ariani Siregar mengatakan rekor MURI kali ini bukan kali pertamanya di capai Kabupaten Sidoarjo. Sebelumnya ditahun 2002 sampai 2009 tercatat 5 rekor. Seperti rekor selendang bordir terpanjang ditahun 2002, pameran lukisan anak terpanjang ditahun 2004 serta kuis RT/RW dengan peserta terbanyak ditahun 2005. Ditahun 2009, Kabupaten Sidoarjo juga mencatatkan festival pembuatan klepon dengan peserta terbanyak dan kegiatan menggoreng krupuk serentak dengan  peserta 1.088 dalam MURI.

 

“Hingga saat ini MURI telah mencatat lebih dari 8 ribu prestasi putri-putri Indonesia,”sampainya.

 

Sementara itu Tim Pembina UKS Kabupaten Sidoarjo Drs. Tirto Adi mengatakan kegiatan tersebut adalah yang pertama diselenggarakan di Indonesia. Kegiatan kali ini merupakan program kolaborasi dari TP-UKS Jawa Timur, TP-UKS Sidoarjo dan perusahaan teh botol Sosro.

 

“Festival Jajanan Sehat Sekolah 2017 di Ramayana Sidoarjo ini dibiayai oleh perusahaan teh botol Sosro Indonesia divisi Mojokerto Jawa Timur berkolaborasi dengan TP-UKS Jawa Timur dan TP-UKS Sidoarjo,”ujarnya.

 

Drs. Tirto Adi mengatakan tujuan Festival Jajanan Sehat Sekolah untuk membudayakan prilaku sehat dalam pemilihan dan penyediaan makanan sehat di sekolah. Selain itu melalui kegiatan seperti ini diharapkan pemangku pendidikan paham akan pentingnya memilih, mengolah dan membuat varian jajanan kantin sehat yang di minati oleh siswa. (sigit/kominfo)