Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pemkab Sidoarjo Gelar Kontes Ternak dan Festival Ternak Qurban
Dilihat
129
Penulis: Bidang Informasi Publik
24-08-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Kontes Ternak dan Festival Ternak Qurban kembali digelar Pemkab Sidoarjo tahun ini. Ada 148 ekor sapi dan kambing yang dilombakan pagi tadi di Puspo Agro Jemundo Taman, Selasa, (22/8). Kegiatan tahunan yang digelar oleh Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo tersebut diikuti oleh seluruh peternak yang ada di 18 kecamatan di Kabupaten Sidoarjo.

 

Kegiatan yang sengaja digelar menjelang hari raya Qurban tersebut di buka oleh Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum. Dalam kesempatan tersebut dihadiri Forkopimda Sidoarjo. Diantaranya Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Ketua DPRD Sidoarjo H. Sullamul Hadi Nurmawan, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Fadli Mulyono serta Wakapolresta Sidoarjo AKBP Pasma Royke.  Tampak juga Sekda Sidoarjo Djoko Sartono dan para kepala OPD Sidoarjo.

 

Ada beberapa kategori jenis sapi dan kambing yang diperlombakan. Seperti sapi kereman hasil Inseminasi Buatan (IB), sapi calon induk FH, sapi induk dan calon induk hasil IB, sapi betina induk Peranakan Ongole (PO) dan sapi ekstreem. Sedangkan jenis kambing yang dilombakan diantaranya kambing Peranakan Etawa (PE) jantan dan betina, kambing kacang jantan dan betina dan kambing ekstreem. Selain kambing ada juga domba yang ikut dilombakan. Jenisnya domba ekor gemuk jantan dan betina. Para pemenang akan mendapatkan uang pemeliharaan dan piagam penghargaan dari Pemkab Sidoarjo. Total hadiah yang diberikan kepada para pemenang sebesar Rp. 65 juta.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah berharap kegiatan tersebut menjadi motivasi peternak Sidoarjo untuk memperbaiki mutu bibit yang lebih baik. Dengan demikian peningkatan populasi dan produktivitas ternak yang ada di wilayah Kabupaten Sidoarjo dapat terus terwujud. Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menghimbau kepada para peternak di Sidoarjo agar selalu memperhatikan petunjuk dan arahan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo. Hal tersebut penting bagi peternak agar pengembangan dan pembudidayaan ternaknya dapat meningkat.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga menghimbau kepada Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo untuk selalu melakukan monitoring dan evaluasi serta mengintervensi semua permasalahan peternakan yang timbul. Dengan begitu pembangunan peternakan di Kabupaten Sidoarjo akan dapat terus maju dan berkembang pesat.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo Ir. Handayani, MM mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan seperti adalah untuk mendorong dan memotivasi para peternak untuk meningkatkan hasil ternaknya. Melalui melaui kegiatan seperti ini diharapkannya dapat meningkatkan nilai jual hasil ternak masyarakat Sidoarjo.  Ir. Handayani juga mengatakan dalam upaya swasembada daging, Pemkab Sidoarjo telah melaksanakan program Upaya Khusus Sapi Betina Wajib Bunting (Upsus Siwab). Kegiatan integrasi yang ditetapkan oleh peraturan Menteri Pertanian tersebut bertujuan meningkatkan populasi sapi secara berkelanjutan. Selain itu juga untuk memaksimalkan potensial sapi indukan dalam menghasilkan anakan.

 

Salah satu dewan juri dari Fakultas Kedokteran Hewan Unair Surabaya drh. Trilas mengatakan penilaian yang dilakukan bersama dewan juri lainnya sangat selektif. Antara jenis hewan ternak berbeda cara penilaiannya. Namun penilaian secara umum ada pada penampilan fisik hewan ternak tersebut. Mulai dari bentuk kepalanya, punggung, dada, pantat, pinggul sampai ekornya. Oleh karena itu keharmonisan bentuk tubuh hewan ternak tersebut bahan penilaiannya. Selain itu faktor kesehatan juga menjadi pertimbangan dalam penilainnya. Ia katakan selain dirinya ada beberapa juri yang melakukan penilaian. Diantaranya dari Balai Besar Inseminasi Buatan (BPIB) Singosari Malang, dari Dinas peternakan Provinsi Jawa Timur dan dari Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo.

Ia katakan dari hasil penilaiannya seluruh  hewan ternak yang ikut lomba mengalami peningkatan dari tahun kemarin. Kualitas hewan ternak yang ikut kontes mengalami peningkatan. Hal tersebut menandakan peternakan di Kabupaten Sidoarjo semakin maju.

 

“Untuk yang di Sidoarjo ini cukup bagus, jadi ada perkembangan dari tahun ketahun yang ikut kontes dan berat hewan ternak yang ikut kontes pun semakin meningkat,”ujarnya.

 

Dalam Kontes Ternak dan Festival Ternak Qurban tadi pagi sapi milik H. Achmad Priadi Desa Banjarbendo Sidoarjo dinobatkan sebagai sapi ekstreem. Sapi yang memiliki berat 1 ton 73 kg   tersebut menjadi juara pertamanya.