Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Bupati Sidoarjo Kukuhkan 76 Anggota Paskibra
Dilihat
328
Penulis: Bidang Informasi Publik
16-08-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Suara menggema "Siap Sanggup" terdengar di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo kemarin malam, Selasa,(15/8). Suara tersebut adalah jawaban lantang yang keluar dari mulut 76 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra)  Kabupaten Sidoarjo saat ditanya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum akan kesanggupan melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang anggota Paskibra. Dua kali pertanyaan tersebut diulang bupati Sidoarjo. Mendengar jawaban tersebut membuat bupati Sidoarjo terharu. Ia sempat terisak haru saat melanjutkan sambutannya dalam pengukuhan anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo yang baru dilakukannya.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah percaya dan yakin akan tanggung jawab menegakkan kedaulatan negara dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh para anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo. Diakhir sambutannya ia ucapkan selamat menjalankan tugas yang cukup berat tersebut. Ia berharap tugas yang diembannya dapat dilaksanakan dengan baik dan sungguh-sungguh.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang anggota Paskibra bukanlah hal yang ringan. Pasalnya tugas dan tanggung jawab tersebut mengandung makna untuk menegakkan kedaulatan negara dengan tinggi-tinggi mengibarkan bendera Indonesia.

 

"Hari ini, siap tidak siap kalian semua telah dituntut oleh waktu untuk mengemban tanggung jawab tersebut karena tidak mungkin lagi ada yang menggantikan saudara apabila saudara memungkiri tanggung jawab tadi,"ucapnya.

 

Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sidoarjo Drs. Toriquddin mengatakan pemilihan anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo melalui seleksi yang cukup ketat. Seleksi awal dimulai ditingkat sekolah kemudian ditingkat rayon dan berlanjut  ditingkat kabupaten. Seleksinya meliputi seleksi administrasi, postur tubuh dan pengetahuan baris berbaris dari pendaftar anggota Paskibra Sidoarjo. Ia katakan para anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo berasal dari seluruh SMA/SMK negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

 

Ia juga mengatakan pada tahap penyeleksian diikuti hampir seribu pelajar. Usai dilakukan penyeleksian sampai akhir, diperoleh 78 anggota Paskibra Kabupaten Sidoarjo. Dari jumlah tersebut 2 orang anggota Paskibra Sidoarjo terpilih menjadi anggota Paskibra Provinsi Jawa Timur.

 

Toriquddin menambahkan para anggota Paskibra yang dikukuhkan telah melakukan latihan selama 20 hari. Mereka dilatih oleh anggota Polri dan TNI serta dari anggota Purna Paskibra Indonesia (PPI) Kabupaten Sidoarjo. Usai menyelesaikan seluruh latihannya mereka dikarantina selama 3 hari sebelum menjalankan tugasnya mengibarkan bendera merah putih pada upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan R.I yang diselenggarakan Kabupaten Sidoarjo di Alun-alun Sidoarjo besok.

 

Ia berharap nantinya dalam upacara bendera peringatan HUT R.I ke 72 tahun 2017 besok dapat berjalan lancar dan sukses. Para anggota Paskibra diharapkannya dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

 

Dalam pengukuhan anggota Paskibra kemarin malam juga dihadiri oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Fadli Mulyono serta Ketua Pengadilan Negeri Sidoarjo Wayan Karya SH,M.Hum. (sigit/kominfo)