Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Safari Jumat ke Kecamatan Jabon
Dilihat
293
Penulis: Bidang Informasi Publik
08-08-2017




KOMINFO,Sidoarjo- Masjid Baitul Abror Desa Tambak Kalisogo Kecamatan  Jabon mendapatkan bantuan uang sebesar Rp. 18 juta dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Selain itu juga dibantu 4 karpet dan kipas angin serta 15 kitab suci Al-Quran. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah SH, M.Hum kepada takmir masjid Baitul Abror usai sholat Jum'at di masjid tersebut, Jum'at, (4/8).

 

Kegiatan dalam rangkaian safari sholat Jum'at tersebut rutin diselenggarakan Bupati Sidoarjo bersama Forkopimda Sidoarjo. Seperti kali ini yang diikuti oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji serta Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Fadli Mulyono. Kedatangannya Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah juga tidak hanya bersama Forkopimda Sidoarjo. Safari sholat Jumat dari masjid ke masjid juga selalu bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Sidoarjo.

 

Orang nomer satu di Kabupaten Sidoarjo tersebut memang sengaja mengajak kepala dinas yang ada. Pasalnya safari sholat Jum'at juga ia gunakan sebagai tempat menampung aspirasi warganya. Masyarakat dapat menyampaikan keluhannya langsung kepadanya. Seperti keluhan pembangunan jalan, penerangan jalan maupun masalah pertanian. Keluhan tersebut akan ditindak lanjuti oleh kepala OPD yang bersangkutan.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah  mengatakan kegiatan seperti ini sering dilaksanakannya. Tujuannya selain untuk bersilaturahmi juga  untuk mengetahui perkembangan pembangunan dan pemerintahan desa. Selain itu ia berharap melalui kegiatan safari sholat Jum'at akan menjaga situasi dan kondisi yang kondusif di wilayah Sidoarjo.

 

Dalam kesempatan dialog tersebut ada lima orang penanya. Pertanyaan pertama diajukan oleh Kepala Desa  Tambak Kalisogo Fajar Sodik. Sebelumnya ia mengucapkan terimakasihnya kepada Pemkab Sidoarjo atas perhatian penanganan banjir di Jabon kemarin. Dalam kesempatan tersebut ia menanyakan pembangunan jalan didesanya yang berada di sisi Utara sungai porong. Ia berharap Pemkab Sidoarjo dapat meneruskan pengaspalan jalan seperti jalan disisi Selatan sungai porong.

 

Menaggapai pertanyaan seperti itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sidoarjo Ir. Sigit Setyawan mengatakan bahwa lahan sisi Utara yang digunakan sebagai jalan inspeksi merupakan aset Balai Besar Wilayah Sunagi (BBWS) Brantas. Oleh karena itu Pemkab Sidoarjo tidak berani membangun sebelum ada persetujuan dari pemilik aset. Namun karena pertimbangan untuk kepentingan masyarakat, sedikit demi sedikit jalan tersebut ia bangun. Setiap tahun ia alokasikan Rp. 1 Milyar untuk pembangunan jalan tersebut. Namun dari anggaran yang disetujui hanya cukup membangun jalan sekitar 500 meter panjangnya. Sedangkan pembangunan jalan disisi Selatan sungai Porong dilakukan oleh BPLS dengan menggunakan dana APBN.

 

Sementara itu salah satu takmir masjid Baitul Abror M. Irvan yang mendapatkan kesempatan bertanya mengajukan permintaan bantuan pembangunan kanopi masjid. Ia ingin Pemkab Sidoarjo membantunya lagi untuk pembangunan kanopi selebar 148 meter. Mendengar permohonan seperti itu  bupati Sidoarjo langsung menjawab akan diperhatikannya. (sigit/kominfo)