Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
KOMITMEN TINGKATKAN LAYANAN PUBLIK SIDOARJO LUNCURKAN PROGRAM E-NYANK PASAR
Dilihat
100
Penulis: Bidang Informasi Publik
10-07-2017




Sidoarjo - Sebagai bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam meningkatkan layanan, Bupati Sidoarjo H.Saiful Ilah SH., M.Hum. meluncurkan program Retribusi e-NYANK (Ndelok Pelayanan Komplit) Pasar menggunakan tcash di Sub Unit Pasar Gedangan (7/7).

 

“Untuk saat ini diawali dengan program pemungutan retribusi pasar, jadi pedagang dapat membayar retribusi hanya dengan hp nya” uacp Bupati Saiful Ilah.

 

Menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sidoarjo Dr. Fenny Apridawati, sistem penagihan retribusi ini nantinya petugas pasar cukup membawa alat mesin EDC (Electronic Debt Card). Melalui alat tersebut dilakukan transaksi dan pedagang pasar mendapatkan bukti struk pembayaran, sebagai pengganti karcis.

 

Program ini juga sebagai bentuk upaya Pemkab Sidoarjo dalam memberantas pungutan liar (pungli) terutama di pasar.

 

“Jadi uang retribusi nantinya akan langsung masuk kas daerah, langsung online, petugas tidak lagi memegang uang tunai” ungkap Saiful Ilah.

 

Lebih lanjut Bupati Saiful Ilah menjelaskan bahwa pasar rakyat memiliki peran strategis dalam peningkatan pendapatan serta pengembangan perekonomian daerah, maka pengembangan sektor perdagangan merupakan salah satu program prioritas yang tidak dapat ditunda.

 

“kami berkomitmen untuk kembali menjadikan pasar rakyat sebagai basis perdagangan dan pusat perekonomian rakyat” tambahnya.

 

Program hasil bentukan kerja sama antara Pemkab Sidoarjo, Bank Jatim dan Telkomsel ini memerlukan kesepakatan dan dukungan penuh dari pihak terkait, baik itu pedagang, pengelola, asosiasi dan pemasok.

 

“Program e-NYANK ini secara simultan dan sinergis akan dikembangkan, selain perkembangan kondisi pasar rakyat, kedepan perkembangan harga kebutuhan pokok, database pedagang dan stand pedagang dapat di akses” jelasnya.

 

Dalam acara tersebut diserahkan juga bantuan CSR dari Bank Jatim berupa 36 Unit gerobak sampah kepada Diskoperindag yang secara simbolis diterima oleh Ka.UPT Pasar Gedangan.

 

Di akhir sambutannya, Bupati menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasinya kepada Bank Jatim, Telkomsel dan seluruh pihak yang terlibat atas dukungannya dalam program e-NYANK pasar. Hadir dalam acara tersebut Sekda Kab. Sidoarjo Djoko Sartono, Direktur Utama Bank Jatim Soeroso, dan GM Account Management Telkomsel Area Jawa Bali Zulfikar.