Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Pengelolaan TPA Sampah Sanitary Landfill Segera Dibangun di Sidoarjo
Dilihat
1279
Penulis: Bidang Informasi Publik
02-06-2017




KOMINFO,Sidoarjo - Pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Desa Kupang Kecamatan Jabon dengan sistem sanitary landfill segera diwujudkan. Kemarin siang, Selasa, (30/5), tim Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) R.I mendatangi Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum untuk memastikan kesiapan lahan yang akan digunakan. Tim Kementerian PU-PR R.I yang dipimpin Kepala Seksi wilayah I subdit Persampahan Direktorat PPLP Kementerian PU-PR Hani Mayana datang tidak sendiri. Ia datang bersama Head of Division Urban Mobility KFW (Kreditanstalt für Wiederaufbau) Frankfurt German Oscar Von Maltzan sebagai pihak penyandang dana proyek pembangunan TPA sistem Sanitary Landfill.

 

Hani mengatakan kedatangannya untuk memastikan ketersedian lokasi lahan pembangunan TPA sistem Sanitary Landfill oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. Ia katakan  Kementerian PU-PR R.I akan melaksanakan pembangunan TPA sistem Sanitary Landfill di Kabupaten Sidoarjo. Proyek tersebut didanai oleh KFW Jerman. Rencananya ditahun 2018 mendatang, proses pembangunan kontruksi TPA sudah bisa dilakukan. Untuk tahun ini akan dilaksanakan pelelangan pengerjaannya terlebih dahulu. Ia katakan perencanaannya sendiri sudah dilakukan 1-2 tahun yang lalu.

 

Hani mengatakan pengerjaan pembangunan TPA sistem Sanitary Landfill dijadwalkan akan selesai dalam satu setengah tahun. Setelah selesai, proyek TPA Sanitary Landfill tersebut akan diserahterimakan Kementerian PU-PR kepada Pemkab Sidoarjo. Untuk selanjutnya Pemkab Sidoarjo akan mengelola operasional TPA tersebut.

 

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah memastikan Pemkab Sidoarjo akan segera menyelesaikan pembebasan sebagaian lahan yang akan digunakan. Ia katakan lahan TPA yang akan digunakan cukup besar. Namun diakhir bulan Juli mendatang seluruh lahan TPA dapat dibebaskan.

 

Ia katakan nantinya pengelolaan TPA Sanitary Landfill akan terintegrasi dengan pengelolaan sampah yang menghasilkan energi listrik. Perusahaan asal China yakni China Everbright International Limited (CEIL) akan digandeng untuk mengelolah sampah di Sidoarjo. Pengelolaan sampah dengan cara di bakar tersebut akan menghasilkan energi listrik yang bisa dimanfaatkan. Ia berharap kedua sistem pengelolaan sampah tersebut dapat berjalan dan terlaksana dengan baik.

 

Sementara itu Oscar Von Maltzan sangat menghargai komitmen Pemerintah Indonesia atas kerjasama tersebut. Oleh karena itu ia berharap tahun depan sudah ada konstruksi bangunan TPA. Dan dua tahun yang akan datang, TPA sanitary Landfil sudah beroperasi. (sigit/kominfo)