Kabupaten Sidoarjo
Sidoarjo Permai Bersih Hatinya
° C
Tak Perlu Antri, Kini Daftar BPJS Kesehatan Bisa Via Telepon Care Center 1500 - 400
Dilihat
4012
Penulis: Bidang Informasi Publik
16-05-2017




Khusus untuk pendaftaran calon peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri dan peserta kategori Bukan Pekerja (BP), kini bisa mendaftar cukup melalui telepon dengan menghubungi care center 1500-400.

Jadi, calon peserta tak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftar, seperti yang selama ini dilakukan.

Layanan ini sudah berlaku sejak 1 Maret lalu di Sidoarjo dan berlaku nasional 1 Juni mendatang di seluruh Indonesia.

"Jadi tak perlu lagi antre panjang di kantor BPJS Kesehatan. Peserta cukup menyiapkan berkas persyaratan seperti nomor kartu keluarga, nomor KTP-el, nomor rekening salah satu bank, nomor HP dan alamat email," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo dr. Dwi Hesti Yuniarti di kantor BPJS Kesehatan Divisi Regional Jawa Timur Jl. Jemur Sari Surabaya, Senin (15/5/2017).

Layanan care center ini khusus bagi peserta mandiri yang belum sama sekali mendaftar.

Selain itu, layanan ini juga bisa dimanfaatkan bagi peserta yang ingin mutasi peserta PBPU, seperti perubahan nama, tempat tanggal lahir, nomor KK, NIK, sampai perubahan kelas rawat dan tingkat fasilitas kesehatan.

"Melalui nomor telepon ini pula peserta bisa mendapatkan informasi mengenai layanan yang ada," katanya.

Setelah Agent Care Center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, Nomor Virtual Account (VA) akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta. Setelah mendapatkan nomor VA, peserta diwajibkan untuk membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah VA diterbitkan.

Peserta yang mendaftar via Care Center wajib melakukan pembayaran pertama ke bank dan dengan mekanisme autodebet untuk pembayaran selanjutnya. Sejak pembayaran pertama tersebut kartu peserta telah aktif, BPJS Kesehatan akan mengirim kartu peserta JKN-KIS ke alamat yang telah diinformasikan pada saat mendaftar.

"Setelahnya, 14 hari maksimal peserta akan dikonfirmasi melalui SMS. Tanggal 1 bulan berikutnya peserta sudah bisa langsung bayar dan kartu akan dikirim ke alamat surat menyurat peserta," katanya.

Selain itu, layanan saat ini juga dibuka di kecamatan melalui sistem Drop Box, yang mana peserta bisa menaruh berkas pendaftaran di drop box yang ada di kantor kelurahan dan kantor kecamatan.

Di BPJS Kesehatan Care Center 1500-400, juga disediakan layanan tanya dokter melalui metode teleconsulting dimana peserta JKN-KIS dapat melakukan konsultasi kesehatan kepada Dokter Umum yang siap memberikan informasi kesehatan yang dibutuhkan.

BPJS Kesehatan juga melakukan upaya perluasan kanal pemberian informasi dan penanganan pengaduan diantaranya melalui website BPJS Kesehatan pada menu SIPP (Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan) serta integrasi pemberian informasi dan penanganan pengaduan melalui hotline service dialihkan secara langsung ke BPJS Kesehatan care center 1500 400.

Berbagai macam layanan ini kata Hesti dimaksudkan agar peserta semakin mudah dalam mendapatkan layanan BPJS Kesehatan. (ir/kominfo)